MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA PADA ANAK USIA DINI DI TK PGRI TUMBANG DARAP
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung menggunakan metode jarimatika pada anak usia dini di TK PGRI Tumbang Darap. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa TK PGRI Tumbang Darap yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terbagi menjadi 4 langkah, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes tertulis, sebelum penelitian yang digunakan peneliti yaitu observasi dan untuk teknik pengumpulan data saat penelitian peneliti menggunakan tes tertulis. Tes tertulis ini digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa tentang berhitung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis Mc Taggart. Hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 33,3%, ini menunjukkan bahwa siklus I masih jauh dari target pecapaian yang telah ditetapkan.Pada siklus II memperoleh persentase rata-rata sebesar 93,3%, perolehan pada siklus II menunjukan adanya perubahan dan peningkatan sebesar 60% setelah dilakukan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode jarimatika dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia dini.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2017. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Mendesain Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media
DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i2.1029
Article Metrics
Abstract view : 40 timesPDF - 68 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.