MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATANMENGGAMBAR PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAKISLAM TERPADU INSAN KAMIL

Lusiana Lusiana, Kartini Kartini, Waridah Waridah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pelaksanaan pembelajaran kreativitas melalui kegiatan menggambar; dan
(2) meningkatkan kreativitas anak dengan menggunakan kegiatan menggambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang ada di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Insan
Kamil yang berjumlah 25 anak. Objek. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi
dan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil kreativitas anak dilihat pada siklus pertama pertemuan I mencapai nilai
rata-rata 52,63% dengan kategori anak sudah mulai berkembang, pada pertemuan kedua siklus I nilai rata-rata mencapai
68,88%, sedangkan rata-rata perolehan persentase pade siklus I mencapai 58,96% dengan katagori berkembang sesuai
harapan. Pada siklus kedua pertemuan pertama nilai rata–rata yang di peroleh sebesar 74,44% dan pada siklus II pertemuan
kedua mencapai nilai rata-rata 83,88%. Sedangkan rata–rata perolehan persentase pada siklus ke II mencapai nilai sebesar
79,17% dengan katagori berkembang sangat baik. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hasil lembar
observasi siklus I masih dikatakan belum berhasil karena perolehan persentase siswa belum mencapai nilai keberhasilan
yang diharapkan dengan demikian peneliti dilanjutkan lagi pada siklus II dan pada siklus ke II ini perolehan persentase
sudah mencapai kriteria keberhasilan yang di harapkan yaitu 75%. Dengan demikian bahwa melalui kegiatan menggambar
kreativitas anak usia dini kelas B di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Insan Kamil dapat meningkat.

Kata Kunci: Kreativitas, Menggambar, Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas.

Bandung: Yrama Widya.

Depertemen Pendidikan Nasional. 2008. Pedomam

Model Pembelajaran di Taman Kanak-kanak.

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional,

Dektorat Jendral Menajemen Pendidikan

Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan

Taman Kanak-kanan dan Sekolah Dasar.

Hurlock Elizabeth B.1978. Perkembangan Anak

(jilid 2 edisi ke enam). Jakarta: Erlangga.

Munandar. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak

Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Rachmawati dan Kurniati. 2010. Strategi

Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia

Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana

Premadia Group.

Pamadhi, Hajar dkk. 2008.Seni Keterampilan Anak.

Jakarta: Universitas Terbuka.

Purwanto 2008. Metodelogi Penelitian Kuantitatif.

Yogyakarta: Pustaka pelajar

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suwarna. 2007. Menggambar Pendidikan Anak Usia

Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta:

Universitas Negeri Yogyakarta.

Nazir, Mohammad. 2005. Metode Penelitian

Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Suharsimin Arikunto, Suhardjono, dan Supardi.

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.46368/.v1i1.404

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.