PENGARUH PERMAINAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN KOSA KATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL ELLA HILIR

Elna Elna, Asep Eka Nugraha, Waridah Waridah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan menggunakan pedekatan one group pretest-posttest design, subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B, TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Ella Hilir yang berjumlah 17 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh kemampuan kosa kata anak dengan menggunakan permainan kartu bergambar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media kartu bergambar berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan kosa kata anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Ella Hilir. Pengaruh perkembangan kosa kata dilihat dari hasil uji hipotesis adalah sebagai berikut: (1) uji deskriptif, dari 17 responden nilai siswa terkecil pada pre test (minimum) yaitu 50,00 dan nilai siswa tertinggi (maksimum) 75,00. Sedangkan pada post test nilai terkecil (minimum) yaitu 75,00 dan nilai tertinggi (maksimum) 100. dengan standar deviasi pada pre test 9,76 dan pada post test 12,68, (2) uji wilcoxon match pair test berdasarkan luaran “test statistics”, diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode permainan kartu bergambar terhadap perkembangan kosa kata anak usia 5-6 tahun, (3) uji regresi diperoleh nilai Sig. = 0,000a berarti

< kriteria signifikan (0,05), dengan demikian model persamaan regresi berdasarkan data penelitian adalah signifikan, artinya model regresi linier memenuhi kriteria linieritas, (4) uji N – Gain, dari perhitungan gain di peroleh nilai sebesar 0,650 data tergolong sedang. Dari hasil penelitian terdapat pengaruh permainan kartu bergambar terhadap perkembangan kosa kata anak

Full Text:

PDF

References


Diah, Ayuningtyas. 2016. Hubungan Aktivitas Bermain Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Dengan Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mutiara Insani Langkapura Bandar Lampung. Skripsi. (online). diakses pada tanggal 10 April 2019.

Elisa, Noviani. 2014. Pengaruh Permainan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kosakata Pada Anak Autis Kelas TK Di Sekolah Autis Bina Anggita Yogyakarta. Skripsi. (online). diakses pada tanggal 7 April 2019.

Hamid, Darmadi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfa Beta.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahmat, Saeful. 2014. Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Dan Penguasaan Kosakata. volume 8. (online). diakses pada tanggal 1 April 2019.

Rusniah. 2015. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A Di TK Malahayati Neuhen Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi. (online). diakses pada tanggal 1 April 2019.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46368/.v1i1.471

Article Metrics

Abstract view : 198 times
PDF - 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.