MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD PERMATA SEGILIK KECAMATAN SAYAN

Citra Lestari, Kurnia Dyah Anggorowati, Kartini Kartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran melipat kertas pada keterampilan motorik halus, untuk mengetahui keterampilan motorik halus dengan melalui kegiatan melipat kertas, di PAUD Permata Segilik Kecamatan Sayan tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD Permata Segilik tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 6 anak. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif antara peneliti dengan guru kelas.Metode  penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) instrument penelitian yang digunakan yaitu bentuk instrument non tes yang digunakan adalah lembar observasi digunakan sebagai pedoman untuk melaksanakan pengamatan di dalam kelas, teknik analisis data yang digunakan menggunakan deskriptik kualitatif. Data yang diperoleh skor perolehan dengan menggunakan lembar observasi kegiatam keterampilan motorik halus muncul pada saat proses kegiatan melipat anak sesuai pernyataan dari setiap indicator-indikator perkembangan motorik halus dan dokumentasi berupa foto saat kegiatan belajar dan bermain. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I memperoleh nilai 24,99% dan pada siklus II terdapat peningkatan keterampilan motorik halus pada anak memperoreh 74,99% oleh karena itu, Keterampilan motorik halus anak sudah meningkat pada kreterian Berkembang Sangat Baik. Keterampilan motorik halus di PAUD Permata Segilik  meningkat.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanti. 2011. Perkambangan Anak Usia Dini. Jakarta: Pranada Media Group

Agung Tri Harso. 2013. Permainan Kreatif Untuk Anak Usia Dini.

Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Aquarisnawati, Puri dkk. 2011. Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah.

Jurnal Insan Media. (http : // Journl. Unair.ac.id/Filer PDF/2-13.pdf

Cresswelli, Jhon W. 2014. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset.

Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Decaprio. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Depdiknas. 2010. Peraturan Mentri Pendidikan Tentang Standar Isi Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas:Jakarta

Eileen Alle, K. dan Iynn.R. Marotz. 2010. Profil Perkembangan anak (Penerjemah :Valentino) Jakarta: PT Indeks

Herpita Siburian. 2016. Jurnal Hadayani (JH). Penerapan Kegiatan Melipat Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK ST.Antonius

Hirai, Maya. 2010. Kreasi Origami Favorit. Kawan Pustaka. Jakarta Http/macam-macamOrigami_Olvista.com.htm

Khadijah. 2016. Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publising

Khadijah. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Medan: Cipta Pustaka Media Printis

KOenarsi, Dyah Ageng Pramesty. 2010. Penerapan melipat,menggunting, menempel (3M) dalam upaya meningkatkan keterampilan motorik halus anak

Masganti sit. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publising

Mursid. 2015. Belajar dan pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nilawati Tadjuddin. 2014. Meneropong Perkembangan Anak Usia Dini. Persfektif Al-Qur`an. Jakarta: Herya Media

Ngalim Purwono. 2011. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Norlaila, Hurlock. 2010. Peningkatan Keterampilan Motorik. Fkip UMP Nusa Putra. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada

Pamadhi, Hajar. 2010. Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka: Jakarta Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 137 Tahun 2014. Standar Nasional. Pendidikan Anak Usia Dini

Sri Widayati, 2014. Panduan Dasar Melipat Kertas. Yogyakarta: Gava Media

Sugiyono. 2106. Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Cetakan

----------- 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suharmini Ari Kunto. 2010. Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Sumedi P Nugraha, Davima Muliatsih. 2013. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami.Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan universitas Islam Indonesia

Suyadi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Publik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sukadiyanto. 2014 Menejemen Pembelajaran Motorik Anak Usia Dini. Makalah Seminar

Syafaruddin. 2011. Pendidikan Prasekolah. Medan : Perdana Publishing

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RAdan Anak Usia Dini Kelas Awal SD/MI. Surabaya: Kencana Presana Media Group

Wina Sanjaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v1i2.802

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.