ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU INSAN KAMIL NANGA PINOH

Indah Indah, Asep Eka Nugraha, Kartini Kartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru dalam mengimplentasikan kurikulum 2013 PAUD dalam pembelajaran di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Kamil Nanga Pinoh. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala TK, bidang kurikulum dan guru kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Kamil Nanga Pinoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, kemudian teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kesulitan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 PAUD dalam pembelajaran di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Kamil Nanga Pinoh yaitu kurangnya penilaian dan persiapan guru dalam merencanakan pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan adalah adalah memahami kembali materi yang diajarkan, mengatur jadwal dan mengerjakan penilaian peserta didik serta membuat media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Adallila, S. 2010. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Djamarah, S.B. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Getstwicki, C. 2007. Developmentally Appropriate Practice. Curriculum and Development In Early Education. Canada: Thomson Delmar Learning.

Hasan, M. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta: Diva Press.

Majid, A. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ornstein, A.C. 2004. Curriculum. Foundation, Principles, and Issues. Boston: Pearson Education, Inc.

Ramayulis. 2013. Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Republik Indonesia, “Undang-undang R.I. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” (t.d).

Satori, D. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i2.803

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.