PENINGKATAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN MEDIA BAHAN LINGKUNGAN DI MIS ISTIQAMAH KELAS V KECAMATAN ENTIKONG SANGGAU
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v2i1.13Abstract
Pembelajaran praktikum seni budaya dan keterampilan (SBK) di sekolah MIS Istiqomah masih tergolong rendah, sehinggapenelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan pembelajaran praktikum mata pelajaran SBK menggunakan media bahan lingkungan dan secara khusus bertujuan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran praktikum SBK menggunakan media bahan dari lingkungan serta mengembangkan kreativitas siswa kelas V MIS Istiqamah Entikong melalui praktikum SBK dengan media bahan lingkungan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Action Reseach). Data primer diperoleh dari siswa dan siswi kelas V MIS Istiqamah kecamatan Entikong kabupaten Sanggau yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode PTK partisipatif, dengan cara observasi dalam tiga siklus yang dilaksanakan, dalam penelitian ini yakni: siklus I materi yang diberikan adalah jumputan pada kain, siklus II jumputan pada kertas, dan siklus ke III meronce menggunakan gelas minuman ale – ale. Hasil yang dilaksanakan pada siklus I nilai yang diperoleh secara keseluruhan siswa adalah dengan persentase 70,42%. Siklus ke II dengan persentase 78,33%. Siklus ke III dengan persentase 87,92%. Hasil tersebut memberi kesimpulan bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan antar setiap siklus dan perbandingan dari siklus I – siklus III adalah 17,50% dalam peningkatan praktikum seni budaya dan keterampilan (SBK) menggunakan media bahan lingkungan di kelas V MIS Istiqamah Entikong.
Kata kunci: Pembelajaran, Praktikum, Seni Budaya dan Keterampilan (SBK), Media Bahan Lsingkungan.