IMPLEMENTASI KETERAMPILAN ABAD 21 MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SDN 1 SUKARAJA
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.1538Abstract
References
Anggelia, D., dkk. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2),398-408.
Anggraeni, P., dkk. (2022). Why 6 Cs?The Urgency of Learning at Elementary School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 650(1),35-41.
Baidowi, A., dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1),48-58.
Fauziyanti W. R. (2018). Strategi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan Menuju Generasi Maju Indonsesia. Jurnal Pendidikan Sosial dan Agama, 10(1),157-177.
Jaya F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: UIN Sumatera Utara.
Johar, R. dan Latifah H. (2021). Strategi Belajar Mengajar: untuk Menjadi Guru yang Profesional. Banda Aceh: Syiah Kuala Universtity Press.
Khairi, A., dkk. (2022). Teknologi Pembelajaran Konsep dan Pengembangannya di Era Society 5.0. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.
Mahtumi, I., dkk. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Projects Based Learning). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Mardhika T. G., dkk. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Powerpoint Melalui Zoom terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas 4. Jurnal Pendidikan Dasar. 9(2),287-293.
Marlina, W. dan Dhitsaha J. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika. 5(1),392-396.
Maulida U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Journal Tarbawi, 5(2),130-138.
Meilani, D. dan Ummu A. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad 21 tehadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Primary Education. 4(1),19-24.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitataif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyati A. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2),1-16.
Nurmanika W., dkk (2015). Upaya Menumbuhkan Kreativitas Belajar dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Jurnal Pendidikan Dasar. 3(1),73-81.
Purwanti, K. L., dkk. (2022). Analisis Pembelajaran Aktif Berbasis Keterampilan Abad 21 pada Guru MI di Kota Semarang. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 8(1),1-12.
Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu. 5(5),4334-4339.
Saparudin. (2022). Inovasi Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak.
Setia R. (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sarana dan Parasarana Pembelajaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Agama.1(1),110-128.
Shabrina, A. dan Utari P. A. (2022). The Integration of 6Cs of the 21st Century Education into English Skills: Teachers’ Challenges and Solutions. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 7(1),28-37.
Sudrajat, A dan Eneng H. (2020). Modul Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama RI.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.
Widodo, S. dan Rizky K. W. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, and Problem Solving, Creativity and Innovation) di Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi PGMI. 7(2),185-197.
Wulandari A. P., dkk. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education. 05(02),3928-3936.
Yestiani, D. K. dan Nabila Z. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1),41-47.