IMPLEMENTASI KETERAMPILAN ABAD 21 MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SDN 1 SUKARAJA

Authors

  • Nuraini Nuraini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Rina Yuliana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sundawati Tisnasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sigit Setiawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.1538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi keterampilan abad 21 melalui pembelajaran berbasis proyek di SDN 1 Sukaraja yang mencakup mengenai daya dukung kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar berbasis keterampilan abad 21, proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek, dan keterampilan abad 21 dalam pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah sudah memberikan daya dukungnya untuk mencipatakan lingkungan belajar berbasis keterampilan abad 21 dengan menyusun dan melaksanakan program sekolah, melakukan pengembangan sumber daya manusia khususnya guru, serta menyediakan sarana prasarana yang memadai. Selain itu, guru pula sudah menyusun dan membuat perangkat pembelajaran yang dapat mendukung penerapan keterampilan abad 21 dalam pembelajaran berbasis proyek, dan proses pembelajaran yang dilaksanakan sudah berjalan dengan sistematis sesuai dengan sintaks pembelajaran berbasis proyek. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis proyek sudah mengembangkan keterampilan abad 21 peserta didik yang meliputi, keterampilan berpikir kritis (critical thinking), kreativitas (creativity), kolaborasi (collaboration), komunikasi (communication), kewarganegaraan (citizenship), dan karakter (character).

Author Biographies

Nuraini Nuraini, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Rina Yuliana, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sundawati Tisnasari, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sigit Setiawan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Anggelia, D., dkk. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2),398-408.

Anggraeni, P., dkk. (2022). Why 6 Cs?The Urgency of Learning at Elementary School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 650(1),35-41.

Baidowi, A., dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1),48-58.

Fauziyanti W. R. (2018). Strategi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan Menuju Generasi Maju Indonsesia. Jurnal Pendidikan Sosial dan Agama, 10(1),157-177.

Jaya F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: UIN Sumatera Utara.

Johar, R. dan Latifah H. (2021). Strategi Belajar Mengajar: untuk Menjadi Guru yang Profesional. Banda Aceh: Syiah Kuala Universtity Press.

Khairi, A., dkk. (2022). Teknologi Pembelajaran Konsep dan Pengembangannya di Era Society 5.0. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.

Mahtumi, I., dkk. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Projects Based Learning). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Mardhika T. G., dkk. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Powerpoint Melalui Zoom terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas 4. Jurnal Pendidikan Dasar. 9(2),287-293.

Marlina, W. dan Dhitsaha J. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika. 5(1),392-396.

Maulida U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Journal Tarbawi, 5(2),130-138.

Meilani, D. dan Ummu A. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad 21 tehadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Primary Education. 4(1),19-24.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitataif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyati A. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2),1-16.

Nurmanika W., dkk (2015). Upaya Menumbuhkan Kreativitas Belajar dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Jurnal Pendidikan Dasar. 3(1),73-81.

Purwanti, K. L., dkk. (2022). Analisis Pembelajaran Aktif Berbasis Keterampilan Abad 21 pada Guru MI di Kota Semarang. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 8(1),1-12.

Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu. 5(5),4334-4339.

Saparudin. (2022). Inovasi Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak.

Setia R. (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sarana dan Parasarana Pembelajaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Agama.1(1),110-128.

Shabrina, A. dan Utari P. A. (2022). The Integration of 6Cs of the 21st Century Education into English Skills: Teachers’ Challenges and Solutions. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 7(1),28-37.

Sudrajat, A dan Eneng H. (2020). Modul Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama RI.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.

Widodo, S. dan Rizky K. W. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, and Problem Solving, Creativity and Innovation) di Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi PGMI. 7(2),185-197.

Wulandari A. P., dkk. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education. 05(02),3928-3936.

Yestiani, D. K. dan Nabila Z. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1),41-47.

Published

2024-06-14

How to Cite

Nuraini, N., Yuliana, R., Tisnasari, S., & Setiawan, S. (2024). IMPLEMENTASI KETERAMPILAN ABAD 21 MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SDN 1 SUKARAJA. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 12(1), 97–113. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.1538

Issue

Section

Artikel

Citation Check