Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Menulis Karangan Dintinjau Dari Kepercayaan Diri siswa kelas IV SDN 23 Singkawang

Authors

  • Elvi Rahmawati Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Dina Anika Marhayani
  • Andika Kusuma Wijaya

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2574

Abstract

Abstract: The objectives of this research are (1) to describe the learning difficulties of students in terms of self-confidence in the subject of writing compositions in the fourth-grade curriculum; (2) to describe the factors contributing to learning difficulties in writing compositions among fourth-grade students. This research employs a qualitative descriptive method. The subjects of the study are students from class IV A at SDN 23 Singkawang. Data collection techniques in this research include tests, non-tests, and interviews. The data analysis technique used is the Miles and Huberman model, which consists of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study indicate that (1) learning difficulties in writing compositions, viewed from the perspective of student self-confidence, are as follows: (a) students with high self-confidence, some have been able to perform the indicators well, with an average score of 60 in the medium category; (b) students with medium self-confidence mostly experience difficulties in learning to write compositions, with an average self-confidence level of 41.6 in the low category; (c) students with low self-confidence experience learning difficulties, with an average score of 27.5 in the low category. (2) Factors influencing learning difficulties in writing compositions are (a) internal factors, including low learning outcomes and difficulty in composing sentences, mismatch between effort and results, attitudes during learning, and emotional symptoms; (b) external factors, including delays in completing assignments and deviant behavior during learning. Based on the analysis of learning difficulties in writing compositions from the perspective of self-confidence, it can be concluded that students experience significant learning difficulties, as evidenced by an average score of 35, falling into the low category, with 25 out of 28 students being in the low category.

Keywords: Learning difficulties, Writing compositions, Self-confidence

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa ditinjau dari kepercayaan diri pada materi menulis karangan materi kelas IV; (2) untuk mendeskripsikan faktor kesulitan belajar pada materi menulis karangan siswa kelas IV. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 23 Singkawang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan  tes, non tes Dan wawancara . Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) kesulitan belajar menulis karangan yang ditinjau dari kepercayaan diri siswa yaitu (a) siswa dengan kepercayaan diri dengan kategori tinggi ada sebagian sudah mampu melaksanakan indikator dengan baik dan mempunyai rata-rata 60 dengan kriteria sedang (b) siswa dengan kepercayan diri  sedang hampir semua  mengalami kesulitan pada pembelajaran menulis karangan dan mempunyai tingkat kepercayaan diri dengan rata – rata 41,6 dengan kriteria Rendah (c) siswa dengan kepercayaan diri rendah mengalami kesulitan belajar dengan rata-rata 27,5 dengan kriteria rendah; (2) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada materi menulis karangan yaitu (a) faktor internal yaitu rendahnya hasil belajar siswa dan kesulitan menyusun kalimat, ketidaksesuaian usaha dan hasil, sikap selama pembelajaran dan gejala emosional,  (b) faktor eksternal yaitu keterlambatan dalam mengerjakan tugas, dan perilaku menyimpang selama pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kesulitan belajar menulis karangan siswa ditinjau dari kepercayaan diri dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar siswa mengalami kesulitan yang signifikan dilihat dari nilai rata – rata 35 berada pada kriteria rendah dengan jumlah siswa 25 dari 28 siswa berada kriteria rendah.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Menulis Karangan, Kepercayaan Diri

Author Biography

Elvi Rahmawati, Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang

Elvi rahmawati 13 maret 2002, hobby Basket

References

Andayani, B., & Afiatin, T. (1996). Konsep Diri, Harga Diri, dan Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Psikologi, 23(2), 23–30.

Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik, 4(1), 53–64.

Arikunto, S. (2013b). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Rineka Cipta. Jakarta.

Armella, R., & Rifdah, K. M. N. (2022). Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 1(2), 14–27.

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Deni, A. U., & Ifdil. (2016). Konsep Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia Volume, 2(2), 43–52. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/72

Dewi, N. P., & Kuntarto, E. (2023). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menulis Karangan Sederhana di Kelas III Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3796-3807.

Eka, S., Abdullah, P., & Suciani, L. (2023). Problematika Kepercayaan Diri Rendah Siswa Dan Penanganan ( Studi Kasus pada Siswa Di SMA Negeri 1 Pangkep ). PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 3.

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230

Fahmi, N. F. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas IV MI Attahzibidyyah Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Melalui Penggunaan Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 41.

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412

Hasan, H. (2021). Peran Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(2), 111–117. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i4.99

Hastuti, S., & Neviyarni. (2021). Teori Belajar Bahasa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Teori Belajar Bahasa, 3(1), 8–13.

Inggriyani, F., & Pebrianti, A. N. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 1–22. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.175

Karawasa, H., Barasandji, S., & Budi. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas IV SDN Mire melalui Penggunaan Media Gambar Seri. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(2), 1–10.

Magdalena, I., Shafani, H. T., & Ramadhani, V. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 5 Sdn Dukuh 3. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 358–367. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

M. Harun, R. (2017). Kesulitan Siswa dalam Menulis karangan Narasi di MIN 1 Teladan Palembang. 2–4.

Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781

Nurfina, E., Burhanuddin, A., & Sugiyono. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Ditinjau Daro Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Borang. Stkip Pgri Pacitan, 94–95.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 26–44.

Pramesty, A. (2020). Analisi Kesulitan belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V SDN 5 Merak Batin Natar Lampung Selatan. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Rahayu, R., Rita, R., Rahayuningsih, S. Y., Asep, H. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Rahman, A. W. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 6 Makassar. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 01–13. http://eprints.unm.ac.id/10616/

Rahmawati, A., Misyanto, M., & Usop, D. S. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Peserta Didik Kelas V A Sd Negeri 1 Kalampangan Tahun 2021/2022. Anterior Jurnal, 21(2), 86–91. https://doi.org/10.33084/anterior.v21i2.3549

Rajagukguk, K. P., Lubis, R. R., Pratiwi, A., & Helma, S. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS Dan Bahasa Inggris, 3(1), 9–16.

Rinawati, A., Minarwati, B. L., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Dengsn Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Education Research and Development, 4(2), 85–96.

Saputra, E. (2014). Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Irsyad, , IV(1), 70–74.

Safitri, R. N., Basith, A., & Setyowati, R. (2022). Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. JPDI (Jurnal …, 65–68. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/3401

Sholihah, M. (2021). Solusi Terhadap Problem Percaya Diri (Self Confidance). STAINU Purworejo: Jurnal Al Ghazali Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 4(1), 30–45. https://doi.org/10.52484/al_ghazali.v4i1.197

Silaswati, D. (2022). Analisis Pemahaman Guru Dalam Implementasi Program Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(4), 718–723. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/11775

Sudaryano. (2016). Manjamen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sujarweni, W. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta.

Supranata, S. (2005). Analisis, Validasi, Reliabitas, dan Intrepertasi Hasil Tes. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supriyadi, A., & Fahri, M. (2023). Analisis Kesulitan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas IV. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 18(2), 141–147.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–4. https://doi.org/10.29210/300320500

Eka, S., Abdullah, P., & Suciani, L. (2023). Problematika Kepercayaan Diri Rendah Siswa Dan Penanganan ( Studi Kasus pada Siswa Di SMA Negeri 1 Pangkep ). PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 3.

M. Harun, R. (2017). Kesulitan Siswa dalam Menulis karangan Narasi di MIN 1 Teladan Palembang. 2–4.

Rahmawati, A., Misyanto, M., & Usop, D. S. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Peserta Didik Kelas V A Sd Negeri 1 Kalampangan Tahun 2021/2022. Anterior Jurnal, 21(2), 86–91. https://doi.org/10.33084/anterior.v21i2.3549

Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646

Wulandari, A. S., & Oktrifianty, E. (2024). Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan Menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Taman Cibodas. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 1935-1945.

Yulianti, Y., & Bulkani, B. (2018). Studi Kasus Faktor Penyebab Low-Self Confidence Pada Siswa Kelas 1/4 Mutawasit Arunsat Vitaya School Saiburi, Pattani, Thailand Selatan. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 35–38. https://doi.org/10.33084/suluh.v4i1.479

Published

2024-12-09

How to Cite

Rahmawati, E., Marhayani, D. A., & Wijaya, A. K. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Menulis Karangan Dintinjau Dari Kepercayaan Diri siswa kelas IV SDN 23 Singkawang. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 12(2), 332–343. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2574

Citation Check