UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN PROYEK ASTRONOMI KELAS VI DI SD NEGERI TURI 2
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2581Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI di SD Negeri Turi 2 melalui proyek astronomi. Dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 dengan 27 siswa yang kemampuan berpikir kritisnya masih rendah, penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Terdiri dari 2 siklus, setiap siklus menerapkan pembelajaran berbasis proyek astronomi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, transkrip wawancara, dan tes evaluasi. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis proyek. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 59,62 pada pra-siklus, menjadi 82,14 pada siklus I, dan 90 pada siklus II. Persentase ketuntasan siswa juga meningkat dari 29,63% pada pra-siklus menjadi 70,37% di siklus I, dan 92,59% di akhir siklus II, menunjukkan efektivitas model pembelajaran proyek astronomi.
References
Aldy dwi mulyana. (2013). Bab I Pendahuluan. Journal Information, 2(30), 1–17.
Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912
Drs. Yamin W. Ono &, M. E. M. (2022). Modul Tata Surya.
Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081
Hira, A., & Anderson, E. (2021). Motivating online learning through project-based learning during the 2020 COVID-19 pandemic. IAFOR Journal of Education, 9(2), 93–110. https://doi.org/10.22492/ije.9.2.06
Ismito, I. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Tentang Konsep Tata Surya Melalui Penggunaan Media Picture and Picture. Jurnal Langsat, 5(2), 1–8. https://www.rumahjurnal.net/index.php/langsat/article/view/514
Jannah, A. (2015). KONSEP DASAR BELAJAR AKTIF DAN CONTOH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF. 1–11.
Julkifli, & Darma, H. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Antusiasme Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring di Program Studi Administrasi Pendidikan STKIP Budidaya Binjai. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 71–76. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/523
Lestari, O. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Hasil Belajar Biologi Kelas X IPA YP Unila Bandar Lampung. 10, 6.
Marzano, R. J. (2009). The Art and Science of Teaching.
Murniarti, E. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran. Journal of Education, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76
Permata, I. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Babussalam Pekanbaru. 31–41.
Prastyani, O. D., Kurniawati, W., & Rigianti, H. A. (2023). PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA. 03(02), 1–10.
Setyawan, R. I., Purwanto, A., & Sari, N. K. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(2), 81–93. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i2.372
Suratno, S., & Kurniati, D. (2017). Implementasi model pembelajaran math-science berbasis performance assessment untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di daerah perkebunan kopi Jember. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/pep.v21i1.11799
UNY, L. P. (2019). Kemampuan berpikir kritis siswa. Ilmu Komunikasi.