PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH PIDATO DENGAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Luluk Damayanti Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Mukti Widayati Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Nurnaningsih Nurnaningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2658

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, kendala-kendala, dan solusi permasalahan dalam pembelajaran keterampilan menulis naskah pidato dengan pendekatan experiential learning pada Sekolah Dasar Negeri 01 Blulukan. Pengumpulan data dengan in-depth interview, observasi dan analisis dokumen. Sumber data berasal dari guru sebagai informan primer, siswa, dan dokumentasi penyusunan perangkat. Data berupa hasil wawancara dan dokumen. Keabsahan data dengan triangulasi metode dan sumber. Data dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian pembelajaran keterampilan menulis naskah pidato dengan pendekatan experiential learning (1) Proses perencanaan pembelajaran menulis naskah pidato: membuat rencana pembelajaran penyusunan program semester, RPP, materi ajar, media ajar, agenda mengajar, kisi-kisi soal, dan pedoman penilaian dibuat oleh forum KKG di tingkat daerah binaan (dabin). (2) Pelaksanaan pembelajaran terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu kegiatan awal atau pendahuluan, kegiatan inti atau utama, dan kegiatan akhir atau penutup. (3) Hambatan yang dialami guru dan siswa antara lain: keterbatasan perbendaharaan kata, ketidakmampuan siswa memilih kosa kata yang tepat, sedikitnya alokasi waktu untuk menulis teks pidato, keterbatasan media pembelajaran, siswa kurang berani dalam forum diskusi dan tanya jawab (4) Solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala antara lain: pemberian bimbingan dan arahan tentang kaidah bahasa dan penggunaan ejaan yang baik dan benar, tetap berlatih menulis naskah pidato dan banyak membaca, menambah waktu di luar jam pelajaran dan penggunaan metode belajar yang lebih bervariasi.

Author Biographies

Luluk Damayanti, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah

Mukti Widayati, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah

Nurnaningsih Nurnaningsih, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah

References

Adhi Yudha, W., Widayati, M., & Nurnaningsih, N. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Sarwono Film Hujan Bulan Juni dan Aplikasinya sebagai Alternatif Materi Ajar Sastra. Journal on Education, 6(1), 6675–6686. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3881

Atmoko, D., Rosmalia, R., & Subekti, A. T. (2020). Pelatihan Pembuatan Teks Pidato dan Berpidato pada Siswa Kelas XII SMK Semesta Bumiayu. Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.36308/abp.v1i1.179

Gazali, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Pidato melalui Model Pembelajaran Pelatihan Kesadaran (awareness training). Jurnal Sastra, Bahasa dan Pengajaran, 6(1), 34–45. https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i1.167

Hajjah, M., Munawaroh, F., Wulandari, A. Y. R., & Hidayati, Y. (2022). Implementasi Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Natural Science Education Research (NSER), 5(1), 79–88. https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.4371

Hakima, A., & Hidayat, L. (2020). Peran Model Experiential Learning dalam Pendidikan Berbasis Keterampilan Tata Busana. Jurnal Online Tata Busana, 09(03), 51–59. https://doi.org/10.26740/jotb.v9n03.p51-59

Idris, G. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Ungkapan Pemaparan. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 3(2), 134–148. https://doi.org/10.26418/jpp.v3i2.37812

Iskandar, S. (2008). Bahasa Indonesia Untuk Kelas 6 SD dan MI. In Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (Vol. 2, Issue 2). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

MZ, Z., Erwina, E., Aflina, & Arifuddin. (2020). Memotivasi Kemauan Berpidato Bahasa Indonesia Kepada Siswa-Siswi Kelas X SMA Nurul Hasanah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(02), 15–20. https://doi.org/10.35447/prioritas.v2i02.217

Napitupulu, C. A. (2020). Pembelajaran Eksperiental (Experiental Learning): Menanamkan Kepercayaan Diri Sebagai Salah Satu Karakter Wirausaha pada Mahasiswa Calon Guru PAUD. Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 16(1), 63–74. https://doi.org/10.36873/jph.v16i1.1783

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2018). Penelitian Kualitatif: Metode Penelitian Kualitatif. In Cakra Books. Cakra Books.

Nurnaningsih. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan dalam Kisah Sayid Markaban. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 5(2), 113–115. https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i2.1364

Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Saputra, D. N., Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Mahardhani, A. Ja., Amruddin, Alam, M. D. S. A., Lisya, M., & Ahyar, D. B. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (F. Sukmawati (ed.); Pertama). PRADINA PUSTAKA. https://penerbitdeepublish.com/instrumen-penelitian/

Pratama, D. O., & Indahwati, N. (2021). Analisis Metode Experiential Learning dalam Pembelajaran PJOK Materi Passing Bawah dan Passing Atas Bolavoli. 09(02), 339–349. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/41653

Pratiwi, W. N., Nugrahani, F., & Nurnaningsih. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pengembangan Modul Ajar Intrinsik Cerita Berbasis PBL. Jurnal Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(9), 3593–3607. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10150

Qadaria, L., Rambe, K. B., Khairiah, W., Minta, R., Pulungan, I., Zahratunnisa, E., Fakultas, M., Tarbiyah, I., Keguruan, D., Sumatera, U., & Medan, U. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Menulis Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(3), 97–106. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1675

Sagitarini, N. M. D., Ardana, I. K., & Asri, I. G. A. A. S. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 315–327. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26432

Setyono, J. (2019). Pembelajaran Keterampilan Menulis Naskah Pidato Persuasif Mengunakan Metode Kolaborasi di SMK Negeri 2 Sragen. Stilistika, 5(1), 47–52.

Sukristin, S., Slow, L., & Wiro, M. (2023). Pengaruh Pengunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iva SDN 01 Semanget. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 239–248. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.1544

Susanti, T., Murniasari, F., & Oryza, D. (2023). Model Pembelajaran Experiential Learning “Kemampuan Berpikir Kritis†Peserta Didik. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 157–166. https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.21434

Susilawati, N., Ason, & Peterianus, S. (2024). Peran Guru dalam Mengatasi Permasalahan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri 12 Bemban Pangersit. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 146–151. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.2311

Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. In UTM PRESS (Pertama). UTM PRESS.

Widayati, M., Suwarto, S., & Fajarwati, N. (2020). Hubungan Kebiasaan Menyimak Berita dan Membaca Berita dengan Kemampuan Menulis Berita di Media Blog pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 28(3), 273–280. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/488

Wulandari, R. A., & Rosnaningsih, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(3), 98–104. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/812

Published

2024-12-09

How to Cite

Damayanti, L., Widayati, M., & Nurnaningsih, N. (2024). PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH PIDATO DENGAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 12(2), 173–188. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2658

Citation Check