PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH PIDATO DENGAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2658Abstract
References
Adhi Yudha, W., Widayati, M., & Nurnaningsih, N. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Sarwono Film Hujan Bulan Juni dan Aplikasinya sebagai Alternatif Materi Ajar Sastra. Journal on Education, 6(1), 6675–6686. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3881
Atmoko, D., Rosmalia, R., & Subekti, A. T. (2020). Pelatihan Pembuatan Teks Pidato dan Berpidato pada Siswa Kelas XII SMK Semesta Bumiayu. Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.36308/abp.v1i1.179
Gazali, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Pidato melalui Model Pembelajaran Pelatihan Kesadaran (awareness training). Jurnal Sastra, Bahasa dan Pengajaran, 6(1), 34–45. https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i1.167
Hajjah, M., Munawaroh, F., Wulandari, A. Y. R., & Hidayati, Y. (2022). Implementasi Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Natural Science Education Research (NSER), 5(1), 79–88. https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.4371
Hakima, A., & Hidayat, L. (2020). Peran Model Experiential Learning dalam Pendidikan Berbasis Keterampilan Tata Busana. Jurnal Online Tata Busana, 09(03), 51–59. https://doi.org/10.26740/jotb.v9n03.p51-59
Idris, G. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Ungkapan Pemaparan. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 3(2), 134–148. https://doi.org/10.26418/jpp.v3i2.37812
Iskandar, S. (2008). Bahasa Indonesia Untuk Kelas 6 SD dan MI. In Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (Vol. 2, Issue 2). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
MZ, Z., Erwina, E., Aflina, & Arifuddin. (2020). Memotivasi Kemauan Berpidato Bahasa Indonesia Kepada Siswa-Siswi Kelas X SMA Nurul Hasanah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(02), 15–20. https://doi.org/10.35447/prioritas.v2i02.217
Napitupulu, C. A. (2020). Pembelajaran Eksperiental (Experiental Learning): Menanamkan Kepercayaan Diri Sebagai Salah Satu Karakter Wirausaha pada Mahasiswa Calon Guru PAUD. Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 16(1), 63–74. https://doi.org/10.36873/jph.v16i1.1783
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Cakra Books.
Nugrahani, F., & Hum, M. (2018). Penelitian Kualitatif: Metode Penelitian Kualitatif. In Cakra Books. Cakra Books.
Nurnaningsih. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan dalam Kisah Sayid Markaban. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 5(2), 113–115. https://doi.org/10.32734/lwsa.v5i2.1364
Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Saputra, D. N., Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Mahardhani, A. Ja., Amruddin, Alam, M. D. S. A., Lisya, M., & Ahyar, D. B. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (F. Sukmawati (ed.); Pertama). PRADINA PUSTAKA. https://penerbitdeepublish.com/instrumen-penelitian/
Pratama, D. O., & Indahwati, N. (2021). Analisis Metode Experiential Learning dalam Pembelajaran PJOK Materi Passing Bawah dan Passing Atas Bolavoli. 09(02), 339–349. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/41653
Pratiwi, W. N., Nugrahani, F., & Nurnaningsih. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pengembangan Modul Ajar Intrinsik Cerita Berbasis PBL. Jurnal Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(9), 3593–3607. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10150
Qadaria, L., Rambe, K. B., Khairiah, W., Minta, R., Pulungan, I., Zahratunnisa, E., Fakultas, M., Tarbiyah, I., Keguruan, D., Sumatera, U., & Medan, U. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Menulis Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(3), 97–106. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1675
Sagitarini, N. M. D., Ardana, I. K., & Asri, I. G. A. A. S. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 315–327. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26432
Setyono, J. (2019). Pembelajaran Keterampilan Menulis Naskah Pidato Persuasif Mengunakan Metode Kolaborasi di SMK Negeri 2 Sragen. Stilistika, 5(1), 47–52.
Sukristin, S., Slow, L., & Wiro, M. (2023). Pengaruh Pengunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iva SDN 01 Semanget. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 239–248. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.1544
Susanti, T., Murniasari, F., & Oryza, D. (2023). Model Pembelajaran Experiential Learning “Kemampuan Berpikir Kritis†Peserta Didik. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 157–166. https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.21434
Susilawati, N., Ason, & Peterianus, S. (2024). Peran Guru dalam Mengatasi Permasalahan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri 12 Bemban Pangersit. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 146–151. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.2311
Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. In UTM PRESS (Pertama). UTM PRESS.
Widayati, M., Suwarto, S., & Fajarwati, N. (2020). Hubungan Kebiasaan Menyimak Berita dan Membaca Berita dengan Kemampuan Menulis Berita di Media Blog pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 28(3), 273–280. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/488
Wulandari, R. A., & Rosnaningsih, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(3), 98–104. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/812