EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI WORDWALL PADA SISWA KELAS V DI SDN 45 PALEMBANG

Authors

  • Okta Narita Maharani Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Putri Gasa Nopa
  • Regita Anggraini
  • Reva Lendri
  • Nadya Putri Utami
  • Syarifuddin Syarifuddin

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2673

Abstract

Abstract: When students show low learning outcomes, it indicates constraints in the learning process, possibly caused by suboptimal use of instructional media Seeing the decline in student learning outcomes, researchers are interested in exploring e-learning media and word wall applications as alternative solutions that can enhance student interest and achievement There is potential for further improvement in this area This research The purpose of this study is to evaluate the effectiveness of using the Wordwall application as a learning media for fifth-grade students at SD Negeri 45 Palembang The approach used in this research is qualitative, using student learning outcome test instruments and interviews with fifth-grade students The results of this study indicate that the use of the Wordwall application in learning can significantly contribute to improving student learning achievement, Especially in mathematics lessons with a focus on two-dimensional shapes This finding shows that appropriate learning media can enhance students' interest, motivation, and learning enthusiasm, effectively helping them understand and remember the taught material Based on these results, it can be concluded that integrating technology into education, such as using Wordwall applications, has the potential to improve the effectiveness of the learning process.

 

Keywords: Wordwall aplication, student learning outcomes, mathematics, building space.

 

Abstrak: Ketika siswa menunjukkan hasil pembelajaran yang rendah, itu mengindikasikan adanya kendala dalam proses pembelajaran, yang kemungkinan disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang tidak optimal. Melihat penurunan nilai hasil belajar siswa, peneliti tertarik untuk mengeksplorasi media e-learning dan aplikasi wordwall sebagai solusi alternatif yang dapat meningkatkan minat serta prestasi belajar siswa. Terdapat potensi untuk melakukan perbaikan lebih lanjut dalam hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif penggunaan aplikasi Wordwall sebagai media pembelajaran pada siswa kelas V di SD Negeri 45 Palembang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar siswa dan wawancara dengan siswa kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, terutama dalam pelajaran matematika dengan fokus pada materi bangun datar. Temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan minat, motivasi, dan semangat belajar siswa, sehingga secara efektif membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi yang diajarkan. Dengan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran, seperti penggunaan aplikasi Wordwall, memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: Aplikasi Wordwall, hasil belajar siswa, matematika, bangun ruang.

 

References

Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Aisyah. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524-532.

Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 150–157. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.467

Fanny. (2020). Fanny Mestyana Putri. Evektivitas Pengunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajran Daring {online} Matetmatika Pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 Di MIN 2 Kota Tanggerang Selatan.

Faqih, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Pembelajaran Puisi. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 27–34. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4556

Halimah, M., Solfarina, & Langitasari, I. (2019). Penerapan model pembelajaran pdeode untuk meningkatkan kps siswa pada materi larutan penyangga. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Hidayah, A., & Syahrani, S. (2022). Internal Quality Assurance System Of Education In Financing Standards and Assessment Standards. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 291–300. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35

Joon Woei, R. L., Bikar, S. S., Rathakrishnan, B., & Rabe, Z. (2021). Integrasi Permainan Media Word Wall dalam Pendidikan Sejarah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(4), 69–78. https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i4.765

Kasa, B., Taneo, S. P., Dua Lehan, A. A., Benu, A. B. N., & Bulu, V. R. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran IPS Secara Daring (Online) di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Haumeni Journal of Education, 1(2), 154–159. https://doi.org/10.35508/haumeni.v1i2.5902

Kusuma, Y. A. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring (online) fisika pada materi usaha dan energi kelas X MIPA di SMA Masehi Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Sanata Dharma University.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Madralis. (1999). Metode Penelitian, Suatu Pendekatan Proposal. 2(2), 151–165.

Matematika, J. P., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2012). Dengan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi. 70).

Maulidia, Y., & Hudaidah, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Portal Rumah Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 59–65. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.396

Neni Isnaeni, & Dewi Hildayah. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.

Nurafni, & Ninawati, M. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2), 217–225. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/17317

Pujianto, A. A., Degeng, I. N. S., & Sugito, S. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi Plantnet dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.31365

Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., ... & Purba, B. (2020). Pengantar media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2020). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177–180.

Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis kebijakan terkait kebijakan literasi digital di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176-180.

Setiawan, W. (2021). Matematika Pada Sekolah Dasar Di Era Pandemi. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 12–22. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/888/509

Suryadi, A. (2017). Teknologi dan Media Massa. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/mdionap/58aef5c20e9373c11a25a807/teknologi-dan-media-massa?page=2&page_images=1

Wibowo, D. C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). STUDI KASUS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD NEGERI 01 NANGA MERAKAI. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60-64.

Yanti, N. (2022). Volume 9 Nomor 2 (2022) Halaman 205-219 Tumbuh kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya Website : https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/tumbuhkembang/index Email : jtk@fkip.unsri.ac.id pISSN : 2355-7443 eIS. 9, 205–219.

Published

2024-12-09

How to Cite

Maharani, O. N., Nopa, P. G., Anggraini, R., Lendri, R., Utami, N. P., & Syarifuddin, S. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI WORDWALL PADA SISWA KELAS V DI SDN 45 PALEMBANG. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 12(2), 237–248. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2673

Citation Check