ANALISIS KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMBANGUN MARKET DAY

Authors

  • Ambar Supiaranti
  • Risthy Donary Arsita Putri
  • Fitrianti Nur Indah Sari
  • Anisya Pramitha Rahayu
  • Sendi Fauzi Giwangsa

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.3065

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kegiatan Market Day dalam membangun keterampilan kewirausahaan siswa di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, yang melibatkan observasi, wawancara dengan guru dan orang tua, serta penyebaran angket kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Market Day berhasil menumbuhkan keterampilan kewirausahaan siswa, seperti kreativitas, komunikasi, kerjasama, berpikir kritis, dan percaya diri. Siswa diajarkan konsep dasar kewirausahaan, termasuk perencanaan produk, pengelolaan modal, pemasaran, dan perhitungan keuntungan. Guru berperan sebagai pembimbing di setiap tahap, sementara orang tua turut mendukung dengan pendampingan. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan modal dan kurangnya dukungan orang tua mempengaruhi hasil kegiatan. Secara keseluruhan, Market Day terbukti efektif dalam memperkenalkan keterampilan kewirausahaan sekaligus memperkuat keterampilan sosial siswa, yang penting untuk masa depan mereka. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan dukungan dari berbagai pihak untuk mengoptimalkan pelaksanaan Market Day di masa mendatang.

References

Aliffadila, S. Z. V., Nugraha, W. S., Pujiasti,

D. A., & Denni, I. (2024). ANALISIS

PROGRAM MARKET DAY

DALAM MENGUKUR

KEMAMPUAN

KEWIRAUSAHAAN SISWA

SEKOLAH DASAR. caXra:

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar,

(1), 1-7.

Azizah, M., & Fauzi, F. (2022).

Pendidikan

Karakter

Pembaruan

Pendidikan

Dalam

Islam

(Studi Atas Pemikiran Azyumardi

Azra). Edukasi Islami: Jurnal

Pendidikan Islam, 11(03), 759-778.

Ginting, F. B., Natasya, T., Kurniyati, W.,

Nahara, A. S., Sofwan, M.,

&Sholeh, M. Strategi Guru dalam

Menumbuhkan

Jiwa

Kewirausahaan

Peserta

Didik

melalui Pembelajaran di Sekolah

Dasar. Jurnal Guru Kita, 8(3), 504

Ghozali, M., & Apridayanti, R. (2022).

Market Day Sebagai Sarana

Pembentukan

Karakter

Kewirausahaan

Pada

Anak.

Kreativitas: Journal of Community

Empowerment, 1(2).

Hasna, S., Firdaus, A. R., Dewi, D. A., &

Furnamasari, Y. F. (2021). Strategi

guru dalam menumbuhkan jiwa

nasionalisme peserta didik melalui

pembelajaran pkn. Edukatif: Jurnal

Ilmu Pendidikan, 3(6), 4970-4979.

Hikmah, R., Novita, D., & Astuti, L. S.

(2023).

Sosialisasi

Literasi

Numerasi dalam Kegiatan Market

Day. Jurnal PkM (Pengabdian

Kepada Masyarakat), 6(5), 591

Lestari, K., & Mukhlisin, M. (2024).

KREATIVITAS MAHASISWA CALON

GURU DALAM MEMODIFIKASI

PEMBELAJARAN PADA MATA

KULIAH

MICRO

TEACHING

PROGRAM STUDI PG-PAUD STKIP

MELAWI. Masa Keemasan: Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 34-41.

Lindawati, S., & Hendri, M. (2016). Penggunaan Metode Deskriptif

Kualitatif Untuk Analisis Strategi

Pengembangan

Kepariwisataan

Kota Sibolga Provinsi Sumatera

Utara.

In

Seminar Nasional

APTIKOM (SEMNASTIKOM),

Hotel Lombok Raya Mataram (pp.

-837).

Mastiah, M., Mardiana, M., & Khoiri, A.

(2021).

PELATIHAN

PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

DAN SUBMISSION DI JURNAL

ILMIAH BAGI GURU SEKOLAH

DASAR

DI

MELAWI.

KABUPATEN

Dedikasi:

Jurnal

Pengabdian

Kepada Masyarakat, 1(2), 33-40.

Mustikawati, E. (2020). Pentingnya

Literasi Keuangan Anak Sekolah

Dasar Melalui Program Market

Day Di SDIT LHI. Jurnal

Pendidikan: Riset Dan Konseptual,

(3), 431-436.

NURCHAYATI, S. (2022).

MEWUJUDKAN

DIDIK

PESERTA

TERAMPIL

MANDIRI

DAN

MELALUI

KEWIRAUSAHAAN

DI

SEKOLAH SATU ATAP.

SECONDARY: Jurnal Inovasi

Pendidikan Menengah, 2(4), 439

Pratitis, M. L. (2018). Implementasi

Program Market Day Sebagai

Sarana Mengembangkan Karakter

Kewirausahaan Siswa Sdit Alam

Nurul Islam. Basic Education,

(25), 2-449.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan media

video

call

komunikasi.

dalam teknologi

Jurnal

ilmiah

dinamika sosial, 1(2), 202-224.

Rondli, W. S. (2022). Menumbuhkan

Nilai

Kewirausahaan

dalam

Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Melalui

Pembelajaran

Project

Market Day. Jurnal Prakarsa

Paedagogia, 5(1), 111-117.

Syarif, Z. (2014). Pendidikan profetik

dalam membentuk bangsa religius.

TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam,

(1), 1-16.

Zubaidah, S. (2016, December).

Keterampilan

abad

Keterampilan

yang

ke-21:

diajarkan

melalui pembelajaran. In Seminar

Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2,

pp. 1-17).

Saaadah, S. S., & Nurjaman, A. R. (2023).

Membangun

Karakter

Kewirausahaan Melalui Kegiatan

Market Day di Kelas 5 SDN

Cimekar. Daya Nasional: Jurnal

Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial dan

Humaniora,

(1),

https://doi.org/10.26418/jdn.v1i1.6

Salsabila, N., Fitri, C. A., Elycia, A. D.,

Pulungan, W. A., Rizkina, R., &

Wahyuni, S. (2023). Pentingnya

Keterampilan

Kewirausahaan

dalam Pendidikan Anak Usia Dini.

KHIRANI: Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 1(4), 231-237.

Sami, D. T. S., & Purnomo, S. (2024).

IMPLEMENTASI

MARKET

DAY

UNTUK

MENINGKATKAN NUMERASI

DAN KEMANDIRIAN SISWA

SEKOLAH DASAR MELALUI

KM6. JPPM: Jurnal Pelayanan

dan Pemberdayaan Masyarakat,

(1), 47-56.

Samadi, M. R., Hermansyah, Y., & Nurishlah,

Pengembangan

L.

(2023).

Keterampilan

Kewirausahaan Siswa Sekolah

Dasar Melalui Program Market

Day. MURABBI, 2(2), 126-130.

Sumarno, S., & Gimin, G. (2019).

Analisis

konseptual

Pendidikan

teoritik

kewirausahaan

sebagai solusi dampak era industri

0

di

Indonesia.

JURNAL

PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal

Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu

Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 1

Kurniati, K., & Fitri, T. L. (2024).

BERBAGI PRAKTIK BAIK

STRATEGY PEMBELAJARAN

GUNA

PENINGKATAN

LITERASI DAN NUMERASI DI

TINGKAT SEKOLAH DASAR.

Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 8(1), 138

Published

2024-12-16

How to Cite

Supiaranti, A., Arsita Putri, R. D., Indah Sari, F. N., Rahayu, A. P., & Giwangsa, S. F. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMBANGUN MARKET DAY. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 12(2), 344–353. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.3065

Citation Check