EKSISTENSI GURU KELAS MI DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI INTI PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v9i1.332Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menemukan hipotesis dari  penyebab berkembangnya kompetensi Inti peserta didik. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan sampel sumber data yang berjumlah 6 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Teknis analisis data dengan menggunakan analisis model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini adalah 1) Menjadi teladan. Ketika proses belajar mengajar, guru tidak hanya memerintah peserta didik untuk melakukan hal yang baik, namun juga harus mencontohkan terlebih dahulu. 2) Memberikan perhatian. Dalam memberikan perhatian, guru tidak boleh membedakan antara peserta didik yang memiliki kelebihan dan kekurangan, 3) Komunikasi dengan baik. Komunikasi tersebut bertujuan melatih peserta didik untuk mendalami pengetahuan bagaimana sikap terhadap sesuatu, atau bagaimana menyikapi suatu hal denganm baik dan benar, 4) Mengajak berkunjung ke rumah warga yang terkena musibah, 5) Melakukan pengawasan yang dilakukan oleh guru dan orang tua agar segala aktivitas peserta didik dapat dilihat
Downloads
Published
2021-06-22
How to Cite
Septikasari, R., & Hidayati, Y. (2021). EKSISTENSI GURU KELAS MI DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI INTI PESERTA DIDIK. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 9(1), 56–64. https://doi.org/10.46368/jpd.v9i1.332
Issue
Section
Artikel
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.  Â