EKSISTENSI GURU KELAS MI DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI INTI PESERTA DIDIK

Authors

  • Resti Septikasari
  • Yayuk Hidayati

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v9i1.332

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menemukan hipotesis dari  penyebab berkembangnya kompetensi Inti peserta didik. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan sampel sumber data yang berjumlah 6 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Teknis analisis data dengan menggunakan analisis model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini adalah 1) Menjadi teladan. Ketika proses belajar mengajar, guru tidak hanya memerintah peserta didik untuk melakukan hal yang baik, namun juga harus mencontohkan terlebih dahulu. 2) Memberikan perhatian. Dalam memberikan perhatian, guru tidak boleh membedakan antara peserta didik yang memiliki kelebihan dan kekurangan, 3) Komunikasi dengan baik. Komunikasi tersebut bertujuan melatih peserta didik untuk mendalami pengetahuan bagaimana sikap terhadap sesuatu, atau bagaimana menyikapi suatu hal denganm baik dan benar, 4) Mengajak berkunjung ke rumah warga yang terkena musibah, 5) Melakukan pengawasan yang dilakukan oleh guru dan orang tua agar segala aktivitas peserta didik dapat dilihat

Published

2021-06-22

How to Cite

Septikasari, R., & Hidayati, Y. (2021). EKSISTENSI GURU KELAS MI DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI INTI PESERTA DIDIK. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 9(1), 56–64. https://doi.org/10.46368/jpd.v9i1.332

Issue

Section

Artikel

Citation Check