PENGARUH PENGGUNAAN CONGKLAK BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3398Abstract
Abstract: This study aims to determine how effective the use of number congklak is on the learning outcomes of grade IV students at MI Ma'arif Ringinputih on Fpb and Kpk material. The research method used by researchers this time is quantitative method with pre test and post test data collection techniques, pre tests are done by each student at the beginning of cycle 1 while post tests are done by students at the end of each cycle. The results showed that the total number of students who reached the kkm value from the pre test to the post test increased by 19.23% then from the pretest to the post test 2 experienced a significant increase of 53.85%. Based on the data analysis, it can be concluded that the use of number congklak for Fpb and Kpk material can improve student learning outcomes on FPB and KPK material in mathematics subjects.
Keywords: mancala numbers, fpb and kpk, mathematics
Abstrak: Penelitian ini betujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan congklak bilangan terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MI Ma’arif Ringinputih pada materi Fpb dan Kpk. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti kali ini yaitu metode kuantitatif dengan tehnik pengambilan data pre test dan post test, pre test dikerjakan setiap siswa pada awal siklus 1 sedangkan post test dikerjakan oleh siswa diakhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total siswa yang mencapai nilai kkm dari pre test menuju post test mengalami kenaikan sebesar 19,23% kemudian dari pretest menuju ke post test 2 mengalami kenaikan signifikan sejumlah 53,85%. Berdasarkan dari analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan congklak bilangan untuk materi Fpb dan Kpk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi FPB dan KPK pada mata pelajaran matematika.
Kata Kunci: congklak bilangan, fpb dan kpk, matematika
References
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Edik Informatika, 3(2), 73–87. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320
Fitria, S. E., & Ariva, V. F. (2019). Analisis Faktor Kondisi Ekonomi, Tingkat Pendidikan Dan Kemampuan Berwirausaha Terhadap Kinerja Usaha Bagi Pengusaha Pindang Di Desa Cukanggenteng. Jurnal Manajemen Indonesia, 18(3), 197–208.
Ilmiyah, N. W., Rahaju, & Wahyuningtyas, D. T. (2024). Persepsi Siswa Terhadap Manfaat Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Ular Tangga. JUrnal Pendidikan Dasar, 12(2),189–197. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2463
Mukhid. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif (M. S. Sri Rizqi Wahyuningrum (ed.)). CV. Jakad Media Publishing.
Musiyati. (2019). Optimalisasi Penggunaan Media Gambar Dalam Peningkatan Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm) Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sdn 20 Cakranegara. Ganec Swara, 13(1), 193.https://doi.org/10.35327/gara.v13i1.81
Qomariyah, I., Habudin, H., & Mu’awwanah, U. (2021). Pengembangan Media Cogan (Congklak Bilangan) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Kpk Dan Fpb. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 8(2), 133–148. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v8i2.5221
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 283–294. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.33
Sudijono. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.
Sukristin, Qomara, D., Chintia, H., & Yulita. (2024). Pengaruh penggunaan alat peraga bilangan berpangkat terhadap hasil belajar matematika kelas iv sdn 01 semanget. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 324–331. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.3032
Sulkar, A. (2017). Pengaruh permainan congklak terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas ii sdn 248 laikang kebupaten bulukumba.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2),3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yusi Sundari. (2018). Pengaruh Alat Perga Congklak Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Kembang Ayun Kabupaten Lahat. In Nucleic Acids Research (Vol. 6, Issue 1).