PENERAPAN METODE EDUTAIMENT DALAM KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRODAT ANGGOTA BADAN DI MI ZAINUR RIDHO WONOREJO

Authors

  • Ning Dila Alfiatun Cahya Trianzah UNIVERSITAS ISLAM ZAINUL HASAN GENGGONG
  • Choerul Anwar
  • Nani Zahratul Mufidah

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3673

Abstract

Abstract: This study aims to describe the implementation of the edutainment method using songs to enhance third-grade students’ ability to memorize Arabic vocabulary (mufrodat) of body parts at MI Zainur Ridho Wonorejo. A qualitative case study approach was used, with data collected through observation, interviews, and documentation. The results showed that using songs created a fun learning atmosphere and improved students’ memory of Arabic vocabulary. Singing combined with movements enhanced emotional and sensorimotor engagement. Students were more enthusiastic, recalled vocabulary better, and demonstrated improved mastery of the material. Both the teacher and school principal responded positively to this method

Keywords: edutainment, mufrodat, Arabic language

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode edutainment menggunakan media lagu dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufrodat anggota badan pada siswa kelas III MI Zainur Ridho Wonorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lagu dalam pembelajaran menciptakan suasana yang menyenangkan dan meningkatkan daya ingat siswa terhadap kosakata bahasa Arab. Aktivitas bernyanyi disertai gerakan memperkuat keterlibatan emosional dan sensorimotor siswa. Siswa lebih antusias, mampu mengingat kosakata dengan lebih baik, dan menunjukkan peningkatan dalam penguasaan materi. Guru dan kepala sekolah juga memberikan tanggapan positif terhadap metode ini.

Kata Kunci: edutainment, mufrodat, bahasa Arab

References

DAFTAR PUSTAKA

Adelia, A., & Mela, D. A. (2024). Penguasaan bahasa Arab, khususnya kosakata (mufrodat), menjadi pondasi penting bagi peserta didik di madrasah. JIM-PBA-STAINI, 2(2), 81–100.

Akbar, A., Mas’adah, M., Wahyudi, A. R. E. P., Rahmatika, N. U., Ainin, A., & Nugraha, M. T. (2024). Penerapan Evaluasi Portofolio dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 6 Sukadana. Journal of Education Research, 5(4), 5567–5575.

Aqodiah, A., & others. (2024). KURIKULUM MERDEKA: LANGKAH MENUJU PENDIDIKAN YANG BERFOKUS PADA KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI. Ibtida’iy: Jurnal Prodi PGMI, 9(2), 15–24.

Ayunda, V., Jannah, A. M., & Gusmaneli, G. (2024). Metode Pembelajaran yang Efektif dalam Pendidikan Dasar. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 259–273.

Azisah, N. (2025). Peran Pendidik Nonformal dalam Menjaga Nilai-nilai Toleransi Beragama Perspektif PAI pada Masyarakat di dusun Batu Sura Kabupaten Pinrang. IAIN Parepare.

Fachrina, N. A., Pratiwi, I. A., & Rondli, W. S. (2024). Analisis Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Kelas V SD 1 Kaliwungu. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 772–781.

Farida, M. C. (2024). Metode ini melibatkan media seperti lagu, permainan, video, dan aktivitas interaktif lainnya yang dapat merangsang daya ingat siswa dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Mathetes: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 5(1), 87–98.

Gea, A., & Zega, R. F. W. (2025). Metode Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 209–219.

Harfiah, D. N. (n.d.). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Kosakata (Mufrodat) Bahasa Arab anak usia 4-5 Tahun di TK Assafinnah. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hidayati, R. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Walada: Journal of Primary Education, 3(1).

HIKMAH, H. A. (n.d.). IMPLEMENTASI STRATEGI EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTS MA’ARIF NU 1 KEMBARAN.

Husnaini, M., Sarmiati, E., & Harimurti, S. M. (2024). Pembelajaran sosial emosional: Tinjauan filsafat humanisme terhadap kebahagiaan dalam pembelajaran. Journal of Education Research, 5(2), 1026–1036.

Judijanto, L., Wibowo, G. A., Karimuddin, K., Samsuddin, H., Patahuddin, A., Anggraeni, A. F., Raharjo, R., & Simorangkir, F. M. A. (2024). Research Design: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Karima, K. I. (2019). Penerapan metode edutainment melalui permainan simak-ulang-ucap untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 2(1), 58–68.

Lubis, N. A., Munadia, K., Hasibuan, I. K., & Lubis, H. Z. (2024). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat pada Anak Usia 5-6 Tahun. Absorbent Mind, 4(2), 329–339.

Mahmudah, F. N. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbantuan Software Atlas. Ti Versi 8. Uad Press.

Miftah, M., & Syamsurijal, S. (2024). Pengembangan Indikator Pembelajaran Aktif, Inovatif, Komunikatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(01), 95–106.

Nurjannah, L. P., Kiftiyah, M., & Lestari, R. T. (2025). KONSEP NILAI ISLAM DALAM PENDIDIKAN BAHASA ARAB. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor, 3(1), 1028–1035.

Oktariani, D. (2024). MENUMBUHKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI PEMENTASAN TARI PADA ANAK USIA DINI: CULTIVATING THE CHARACTER OF LOVE FOR THE MOTHERLAND THROUGH DANCE PERFORMANCES IN EARLY CHILDHOOD. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 7(3), 293–301.

Rahmania, S., & Sharfina‘Alaniah, A. (2024). Peta Posisi Landasan Pengembangan Kurikulum dalam Pendidikan Islam. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 9(1), 117–133.

Rosyidah, A. (2025). ANALISIS DAMPAK SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU DI SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 87–98.

Setyawan, D. (2025). MEMBANGUN GENERASI EMAS: PERAN PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK MASA DEPAN BANGSA. Jurnal Pembelajaran, Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–9.

Suprayetno, E. (2024). Pembelajaran Model Individual As Actor (Teori dan Pengembangan). umsu press.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19.

Widiawati, R., Nabilah, F., Qudsi, I., Mardikaningsih, R., Hariani, M., Vitrianingsih, Y., Retnowati, E., Masnawati, E., & Lestarie, U. P. (2024). Sosialisasi Beasiswa Kampus: Upaya Memperluas Akses dan Kesempatan Bagi Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nian Tana, 2(4), 56–68.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Trianzah, N. D. A. C., Anwar, C., & Mufidah, N. Z. (2025). PENERAPAN METODE EDUTAIMENT DALAM KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRODAT ANGGOTA BADAN DI MI ZAINUR RIDHO WONOREJO. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 13(1), 14–21. https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3673

Issue

Section

Artikel

Citation Check