PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3741Abstract
Abstract: Explore whether the use of hand puppet media can positively influence students' speaking skills. The method used was an experiment using a pre-experimental design approach, specifically a one-group pre-test and post-test design. The research occurred at SD Negeri 5 Kalipucang Kulon and included 25 students from the second grade. Data were gathered through observation sheets based on several indicators of speaking skills: pronunciation, intonation, fluency, expression, and content accuracy. The collected data were analyzed using prerequisite tests such as normality and homogeneity tests, followed by hypothesis testing through a paired sample t-test, conducted with the assistance of Jamovi software version 2.6.25 for Windows. The results indicate that hand puppet media significantly improve students’ speaking skills. This is supported by the paired sample t-test results, which yielded a significance value of <0.001—lower than the standard significance level of 0.05. As a result, the alternative hypothesis (H1) is acknowledged, validating a notable variation in the speaking skills of students prior to and following the implementation of hand puppet media.
Keywords: Hand puppet media, speaking skills, javanese language learning
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak media boneka tangan pada pengembangan keterampilan berbicara siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen menggunakan pendekatan desain pre-eksperimental, desain yang digunakan adalah One Group Pre-test and Post-test Design. Penelitian dilakukan di SD Negeri 5 Kalipucang Kulon dengan melibatkan 25 siswa kelas II sebagai subjek. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi yang disusun berdasarkan indikator keterampilan berbicara, yaitu: pelafalan, intonasi, kelancaran, ekspresi, dan ketepatan isi. Data dianalisis Dengan bantuan Jamovi Software versi 2.6.25, kami melanjutkan pengujian virtual kami dengan bantuan perangkat lunak Jamovi versi 2.6.25 dengan pengujian prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis Media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, sebagaimana dibuktikan dengan ini. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test, diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,001, yang berarti lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (H1) dapat diterima, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berbicara siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan melalui penggunaan media boneka tangan.
Kata-kata Kunci: Media boneka tangan, keterampilan berbicara, pembelajaran bahasa Jawa
References
Ali, R., & Mulasi, S. (2023). Transformasi Kurikulum Merdeka: Pengembangan Muatan Lokal untuk Meningkatkan Identitas Budaya. Istifham: Journal Of Islamic Studies, 01(December), 219–231. https://jurnal.seutiahukamaa.org/index.php/istifham/article/view/35%0Ahttps://jurnal.seutiahukamaa.org/index.php/istifham/article/download/35/20
Anbarwati, D. A., Hilmiyati, F., & Farhurohman, O. (2021). Pengembangan Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(2), 153–166. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i2.3608
Aziza, N., Wijaya, E., Rinawati, Utami, R. N., & Negsih, T. A. (2024). Pengantar Statistik : Analisis Varian ( ANOVA ) (Issue February).
Carliyan, Y., & Nisa, D. (2023). Speaking Skills Analysis of 4th Grade Students in Indonesian Language Object. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 6(1), 57–71. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v6i1.24628
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Guvey Aktay, E., & Mermi, F. (2022). Speaking Skills Attitude Scale for Primary School Students: Validity and Reliability Study. Mimbar Sekolah Dasar, 9(1), 43–57. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v9i1.41577
Hijriah, I. S. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran “Cooperative Script” Berbantu Media Boneka Tangan Berseri Terhadap Ketrampilan Berbicara Siswa. Mahakarya: Jurnal Mahasiswa Ilmu Budaya, 2(1). https://doi.org/10.22515/mjmib.v2i1.4706
Ilham, M., Wijiati, I. A., & Rokhmawan, T. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute. https://books.google.co.id/books?id=WUTZDwAAQBAJ
Ali, R., & Mulasi, S. (2023). Transformasi Kurikulum Merdeka: Pengembangan Muatan Lokal untuk Meningkatkan Identitas Budaya. Istifham: Journal Of Islamic Studies, 01(December), 219–231. https://jurnal.seutiahukamaa.org/index.php/istifham/article/view/35%0Ahttps://jurnal.seutiahukamaa.org/index.php/istifham/article/download/35/20
Anbarwati, D. A., Hilmiyati, F., & Farhurohman, O. (2021). Pengembangan Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(2), 153–166. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i2.3608
Aziza, N., Wijaya, E., Rinawati, Utami, R. N., & Negsih, T. A. (2024). Pengantar Statistik : Analisis Varian ( ANOVA ) (Issue February).
Carliyan, Y., & Nisa, D. (2023). Speaking Skills Analysis of 4th Grade Students in Indonesian Language Object. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 6(1), 57–71. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v6i1.24628
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Guvey Aktay, E., & Mermi, F. (2022). Speaking Skills Attitude Scale for Primary School Students: Validity and Reliability Study. Mimbar Sekolah Dasar, 9(1), 43–57. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v9i1.41577
Hijriah, I. S. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran “Cooperative Script” Berbantu Media Boneka Tangan Berseri Terhadap Ketrampilan Berbicara Siswa. Mahakarya: Jurnal Mahasiswa Ilmu Budaya, 2(1). https://doi.org/10.22515/mjmib.v2i1.4706
Ilham, M., Wijiati, I. A., & Rokhmawan, T. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute. https://books.google.co.id/books?id=WUTZDwAAQBAJ
Inayah, U. (2021). Penggunaan Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Bima. Al-Af’idah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 5(2), 45–56.
Juliati. (2023). Media Boneka Tangan : Pengaruhnya Terhadap Keterlambatan Berbicara Anak. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 10–20.
Kaporina, A., Hernanda, Y., Nurlaily, D., Matematika dan Teknologi Informasi, J., & Teknologi Kalimantan, I. (2023). Analisis Tingkat Pengangguran Provinsi Kalimantan Timur Menggunakan Sign test, Wilcoxon Test dan Paired Sample t-Test. SEMIOTIKA: Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Matematika, 2(1), 94–102.
Khoiril Hidayah, Naila Alfa Khusna, Ulfa Alfia, & Muhammad Fikri
Abdun Nasir. (2023). Adaptasi Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(2), 124–136. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i2.61
Kurniati, A., Destiniar, & Putri Dewi Nurhasana. (2023). Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Vi Sdn 15 Rambutan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1528–1536. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1301
Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14–23.
Muna, S., Fardani, M. A., & Bakhruddin, A. (2024). Tingkat Validitas Media Bapaguh untuk Pembelajaran Tembang Macapat Gambuh Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 6.
Musfaizah, N. L., Chumdari, C., & Karsono, K. (2022). Analisis nilai karakter pada tembang dolanan anak dalam pembelajaran Bahasa Jawa di kelas V Sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(6), 3–8. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i6.54173
Nadhiroh, U. (2021). Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa Dalam Melestarikan Budaya Jawa. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.26877/jisabda.v3i1.9223
Nadia Oktaviani, Dian Nuzulia Armariena, & Noviati. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Hand Puppet (Boneka Tangan) Sebagai Motivasi Keterampilan Bercerita Siswa Sd Negeri Palembang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1350–1359. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1437
Novitasari, K. A., Januar, H., Suneki, S., & Tunjungsari, D. R. (2023). Media Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1500–1506. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5154
Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626
Putri, E. E., Purwandari, S., & Triana, P. M. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa melalui Permainan Dolanan Anak. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 5(1), 110–118. https://doi.org/10.46963/asatiza.v5i1.1406
Rahma, H., & Wiranti, D. (2024). Pengaruh Model Games Based Learning Terhadap Keterampilan Berbahasa Jawa Krama Kelas V SDN 03 Sekuro. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 17–24. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3095
Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31
Santy, B. I. L., Nyoman Karna, I. N., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Tampar-Ampar Kecamatan Praya Tengah Tahun Ajaran 2020-2021. Renjana Pedidikan Dasar, 2(2), 139–145.
Setiawan, D. W. (2024). Psikologi Pendidikan.
Setyowati, E., Nuvitalia, D., Purnamasari, V., & Kurnia, E. A. (2024). Analisis Kesulitan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Kelas IIa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Education Research and Development, 8, 433–441.
Shinta, N. K. A. K., Tegeh, I. M., & Laba, I. N. (2024). Podcast-based Teaching Media through the Role-Playing Model to Improve Elementary School Students’ Speaking Skills. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 8(2), 230–240. https://doi.org/10.23887/jisd.v8i2.74833
Sofi, A. N. S., & Praheto, B. E. (2023). Penggunaan media boneka tangan untuk pembelajaran berbicara pada siswa kelas rendah sekolah dasar. Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 109–121. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i2.79
Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Peningkatan Keterampilan Berbahasa Jawa yang Santun pada Siswa Kelas IX F SMP Negeri 1 Lasem Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 Melalui Model Palu (Pacelathon Bocah Wolu). Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 8(2), 80–88. https://doi.org/10.15294/piwulang.v8i2.39999
Wahyuni, S., Astini, B. N., Suarta, I. N., & Astawa, I. M. S. (2021). Pengembangan Boneka Kulit Jagung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Indonesian Journal of Elementary and Chilhood Educatiion, 2(1), 185–190. https://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/635
Wirabhakti, A. (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Muatan Lokal Program Kepesantrenan di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 06, 1–7.
Zakaria, A. Z. A., Niam, F., & Prastowo, A. Y. (2022). Pengembangan Media Boneka Tangan pada Materi Hidup Rukun untuk Meningkatkan Kemandirian dan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas II SDN Karangtengah 3 Kota Blitar. Patria Eduacational Journal (PEJ), 2(1), 11–20. https://doi.org/10.28926/pej.v2i1.108