PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIAH

Authors

  • Rahma Trimukti Mahanani UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG, Indonesia
  • Nur Efendi
  • Adi Wijayanto

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v9i2.391

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan proses pengembangan multimedia interaktif berbasis E-learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Tata Surya kelas VI di MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Hasil penelitian dan pengembangan ini, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil penilaian yang berikan oleh ahli media dan ahli materi bahwa multimedia interaktif berbasis E-learning layak digunakan dalam proses pembelajaran. Baik secara online maupun secara langsung atau tatap muka. Tujuan dari pengembangan multimedia interaktif berbasis E-learning ini untuk meningkatkan hasil belaajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA. Hal ini dibuktikaan melalui hasil pretest dan postest dari peserta didik. Media pembelajaran multimedia interaktif layak digunakan berdasarkan pada hasil dari validasi dari para ahli media dan ahli materi.

Published

2021-12-01

How to Cite

Mahanani, R. T., Efendi, N., & Wijayanto, A. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIAH. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 9(2), 169–181. https://doi.org/10.46368/jpd.v9i2.391

Citation Check