Pengembangan Pemahaman Soal Cerita Matematika Melalui Tutor Sebaya Berbantuan Alat Peraga Sekolah Dasar

Authors

  • Dian Wahyuningsih

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v1i1.63

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan memperbaiki proses pembelajaran matematika dan mengembangkan pemahaman siswa mengubah soal cerita. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan tiga siklus. Persentase proses pembelajaran matematika melalui tutor sebaya berbantuan alat peraga pada siklus 1, 2, dan 3 masing-masing 57.00%, 70.00%, dan 88.00%. Peningkatan terjadi karena proses pembelajaran pada akhir siklus 1 dan 2 diperbaiki pada siklus 3, sehingga dapat mengoptimalkan metode yang digunakan dan dapat mengatasi hambatan psikologis siswa dalam memahami bahasa yang terkandung pada soal cerita matematika. Dari perbaikan proses pembelajaran, diperoleh rerata pemahaman siswa masing-masing 41.00%, 57.00%, dan 87.00%. Dengan demikian penerapan metode tutor sebaya berbantuan alat peraga telah mampu mengembangkan pemahaman siswa untuk mengubah soal cerita menjadi kalimat matematika sederhana. Metode ini dapat digunakan memperbaiki proses pembelajaran yang monoton dan tidak bervariasi. 

 

Kata kunci: soal cerita, tutor sebaya, alat peraga

Published

2013-05-19

How to Cite

Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Pemahaman Soal Cerita Matematika Melalui Tutor Sebaya Berbantuan Alat Peraga Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 1(1), 109–131. https://doi.org/10.46368/jpd.v1i1.63

Citation Check