PENGGUNAAN MEDIA NYATA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kurnia Nuzul Siam
  • Yakobus Ason
  • Aprima Tirsa

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v3i2.85

Abstract

Abstract: This study aims to improve students' motivation in learning
Indonesian language with the use of real media. The research method
used was Classroom Action Research (CAR)and it consists of two cycles.
The results of this study showed an increase in student learning
motivation that was shown by the average scoreon the first cycle that
reached 40% and achieved 95%on the second cycle. In conclusion, it can
be seen that the increment from cycle I to cycle II is equal to 55%.
Keywords: learning motivation, real media, learning indonesian
language.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan
motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan
penggunaan media nyata. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Hasil
penelitian ini menunjukan peningkatan motivasi belajar siswa yang
ditunjukan dengan nilai rata-rata pada siklus I adalah 40% dan pada siklus
II 95% sehingga peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah sebesar
55%.
Kata kunci: motivasi belajar, media nyata, pembelajaran bahasa
indonesia.

Published

2015-12-19

How to Cite

Siam, K. N., Ason, Y., & Tirsa, A. (2015). PENGGUNAAN MEDIA NYATA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 3(2), 166–174. https://doi.org/10.46368/jpd.v3i2.85

Citation Check