PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENALARAN MELALUI PERMAINAN (MP3) MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v4i1.120Abstract
Abstract: This study aims to determine the increase in student participation after being taught using an MP3 learning model using a scientific approach in addition to knowing the value of cooperation in traditional games (Tiboy) in learning learning. Based on the analysis of the research data, it was concluded that there was an increase and participation of students after being taught using the reasoning learning model through games (MP3) with a scientific approach that was associated with the attitude of cooperation in traditional games (Tiboy) in learning in health in class VIII A of SMPN 2 Nanga Pinoh, shows the results that can be seen from the average value of pretest 22.8 and posttest average 78.
Keywords: learning model, MP3 game, scientific approach
Â
Abstrak:Â Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi siswa setelah di ajarkan menggunakan model pembelajaran MP3 menggunakan pendekatan saintifik selain itu untuk mengetahui nilai kerjasama pada permainan tradisional (Tiboy) dalam pembelajaran penjaskes. Berdasarkan analisis terhadap data hasil penelitian, disimpulkan adanya peningkatan dan partisipasi siswa setelah di ajarkan dengan menggunakan model pembelajaran penalaran melalui permainan (MP3) dengan pendekatan saintifik yang dikaitkan dengan sikap kerja sama pada permainan tradisional (Tiboy) dalam pembelajaran penjaskes di kelas VIII A SMPN 2 Nanga Pinoh, menunjukkan hasil yang dapatdilihat dari nilai rata-rata pretest 22,8 dan rata-rata posttest 78.
Kata kunci : Model pembelajaran, Permainan MP3, pendekatan Saintifik
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Enggen, P. dan Kuachak, D. 2012. Strategi dan model pembelajaran mengajarkan konten dan keterampilan berpikir. Jakarta: PT. Indeks.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranata, S. 2009. Analisis, validitas, reliabilitas dan interpretasi hasil tes implementasi kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sutikno, S. 2014. Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica
Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.