UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR SIKAP LILIN PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DENGAN MEDIA DINDING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SOKAN
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v4i1.122Abstract
Abstract: This study aims to improve the basic candle motions in learning the floor gymnastics with wall media in grade X SMA Negeri 1 Sokan. Based on the results of the study it can be concluded that with the wall media in learning the candle motion can improve the learning outcomes in grade X SMA Negeri 1 Sokan. There was significant improvement from pra-cycle, cycle 1 and cycle 2. In the pre cycle the percentage of student learning outcomes only reached 16% and in the first cycle the percentage of completeness of the learning outcomes of candle motion was 75% with the number of students reaching the complete category was 18 students, while in cycle II the percentage of completeness was 96.87% with the number of students categorized as complete as 23 students from the total number of students is 24 students.
Keywords: Candle motion, wall media, floor gymnastic
Â
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan gerak dasar sikap lilin dalam pembelajaraan senam lantai dengan media dinding pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sokan. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan media dinding dalam pembelajaraan sikap lilin dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar sikap lilin dalam senam lantai pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sokan.Dari hasil yang telah dianalisis diperoleh peningkatan hasil belajar yang signifikan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus persentase hasil belajar siswa hanya mencapai 16% dan pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar sikap lilin sebesar 75% dengan jumlah siswa yang masuk kategori tuntas adalah sebesar 18 siswa,sementara itu pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan sebesar 96,87% dengan jumlah siswa yang dikategorikan tuntas sebanyak 23 siswa dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 24 siswa.
Kata Kunci : Sikap lilin, Media dinding, senam lantai
References
Depdiknas. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Reserch). Jakarta: Dirjen Dikti, Proyek Pengembangan Guru.
Lewin, K. 1990. Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). Jakarta: Katapena.
Mahendra. 2001. Senam. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Miarso. 2007. Media pembelajara. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.