UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR SISWA MELALUI PERMAINANSOCCER LIKE GAMES DALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA

Authors

  • Yanto Gunawan
  • Carsiwan Carsiwan
  • Nuryadi Nuryadi

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v10i2.1303

Abstract

Abstract: The. study. is. based. on. the insufficient amount of student’s active learning time in the physical education program. of SMK Negeri 8 Bandung primarily in. soccer learning. The purpose of the study is to increase student’s active learning time (ALT) by implementing soccer like games strategy. The method used in the. study is Classroom Action Research. (CAR) with. the research design of Kurt Lewin’s Model which consists of two cycles where each cycle. includes planning, action, observing, reflecting. and duration recording in order to find out the amount of active learning time done by. the students. The. subjects of the study are 31 tenth-grader. students from. X TEI 2 class. The results of preliminary observations. show that the level of. students’ active learning is exceptionally low on (44,4%). On the first. cycle I action I observation, the amount of students’ active learning time. showed an increase to (48.8%). Then, cycle I action II revealed a decrease in students’ active learning time to (42.2%). Cycle. II action I showed that. students’ active learning time amount. increased. to (56.6%). On cycle II action. II, the amount of active. learning. time. reached (72.2%). Based. on the research. data of the study, it can. be concluded. that there. is a significant percentage increase. in each cycle. and action. which indicates. that soccer like games. in soccer learning. can increase. students’ active learning time. Keywords: soccer like games, football, active learning time. Abstrak: Penelitian ini. dilatarbelakangi. oleh rendahnya waktu aktif belajar siswa pada pembelajaran pendidikan. jasmani olahraga dan kesehatan di SMK Negeri 8 Bandung khususnya dalam pembelajaran. sepakbola. Tujuan. penelitian ini. untuk meningkatan. jumlah waktu. aktif belajar (JWAB) . siswa melalui. strategi permainan. soccer like games. Metode yang. digunakan. dalam penelitian. ini adalah metode Penelitian Tindakan. Kelas (PTK) dengan desain penelitian. Model Kurt. Lewin. yang terdiri. dari dua siklus. dimana pada masing-masing. siklus mencakup. perencanaan (planning), tindakan. (action), pengamatan. (observing), refleksi (reflecting) . serta intrumen. penelitian catatan. lamanya. waktu (duration recording) untuk. mengetahui berapa jumlah waktu aktif belajar. yang dilakukan. siswa. Subjek penelitian. ini adalah kelas X TEI 2 berjumlah. 31 orang. Hasil. penelitian menunjukan. bahwa observasi awal menunjukan. jumlah waktu. aktif belajar. siswa masih sangat. rendah yaitu (44,4%), pada penelitian. pertama siklus. I tindakan I menunjukkan. Meningkat. jumlah. waktu aktif belajar. siswa yaitu (48,8%), lalu siklus I tindakan. II menunjukkan penurunan. jumlah waktu aktif. belajar siswa (42,2%), dan pada siklus II tindakan. I menunjukkan. bahwa jumlah. waktu aktif belajar siswa. meningkat (56,6%), siklus II tindakan. II jumlah waktu aktif. belajar mencapai. (72,2%). Dari data hasil penelitian. yang telah dilakukan dapat disimpulkan. bahwa terdapat. peningkatan. presentase terhadap setiap siklus. dan tindakan sehingga. dengan permainan. soccer like games dalam. pembelajaran sepakbola dapat. meningkatkan. waktu aktif. belajar siswa. Kata Kunci: soccer like games, sepakbola, jumlah waktu aktif belajar

References

DAFTAR PUSTAKA

Aunurrahman, (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Bandug: CV. ALFABET

Bahagia, Y dan Mudjianto, S. (2010) Fasilitas Dan Perlengkapan Penjas. Bandung: FPOK UPI Dyson, B., Griffin, L. L., & Hastie, P. (2004). Sport Education, Tactical Games, and Cooperative Learning: Theoretical and Pedagogical Considerations. Quest, 56(2), 226–240.doi:10.1080/00336297.2004.10491823

Mahendra, Agus (2015). Falsafah Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI.

Sanjaya, Wina. (2013) Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta:KENCANA.

Suherman, A. (2009). Revitalisasi Pengajaran dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: CV. Bintang Warliartika.

Siedentop. (1991). Developing Teaching Skills in Physical Education. California: Field

Subroto, (2017). Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Bola Voli. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga.

Sucipto. (2015). Pendekatan Taktis Dalam Pembelajaran Permainan Sepakbola. Bandung: CV. Bintang Warliartika.

Wicaksono, D.I., (2016). Survey Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Kelas IV. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

Gunawan, Y., Carsiwan, C., & Nuryadi, N. (2023). UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH WAKTU AKTIF BELAJAR SISWA MELALUI PERMAINANSOCCER LIKE GAMES DALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 10(2), 140–147. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v10i2.1303

Issue

Section

Artikel

Citation Check