PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i2.2527Abstract
Abstract: In this development research, the author will develop an Android-based application as a medium for learning PJOK Class IV. Departing from the background of the problem of students not being optimal in understanding the material presented by the teacher and the school allocation provided for PJOK learning is still considered less than optimal. It is hoped that the development of Android-based media can create a special attraction for students towards PJOK learning. The procedure in this research refers to the R&D model proposed by Sugiyono, (2017) which consists of: (1) Information gathering, (2 Planning, (3) developing initial products, (4) Initial testing, (5) Major revisions to the product based on suggestions from trials, (6) small group testing, (7) carrying out revisions, (8) large group testing is conducting operational field tests, (9) Revising the final product, and (10) Making a report. Based on the results validation test by media experts and material experts that the Learning Sports application is an application that is suitable for use by students.
Keywords: Development, Media, Sports
Â
Â
Abstrak: Penelitian pengembangan bertujuan mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android sebagai media dalam pembelajaran PJOK Kelas IV. Berangkat dari latar belakang masalah peserta didik yang belum maksimal dalam memahami materi yang disampaikan guru serta alokasi sekolah yang disediakan untuk pembelajaran PJOK masih dianggap kurang maksimal. Pengembangan media berbasis android ini diharapkan dapat menciptakan daya tarik tersendiri pada peserta didik terhadap pembelajaran PJOK. Prosedur dalam penelitian ini mengacu pada model R&D yang dikemukakan oleh Sugiyono, (2017) yang terdiri atas: (1) Pengumpulan informasi, (2 Perencanaan, (3) mengembangkan produk awal, (4) Pengujian awal, (5) Revisi utama terhadap produk didasarkan pada saran-saran pada uji coba, (6) uji kelompok kecil, (7) melakukan revisi, (8) Uji kelompok besar adalah melakukan uji lapangan oprasional, (9) Revisi produk akhir, dan (10) Membuat laporan. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli media dan ahli materi bahwa aplikasi Belajar Olahraga merupakan aplikasi yang layak digunakan pada siswa.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, OlahragaReferences
DAFTAR PUSTAKA
Jayul, A., Irwanto, E., Pendidikan, P., Kesehatan, J., & Rekreasi, D. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262
Muyaroh Siti, & Fajartia Mega. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet
Nuroifah Nisfatun, B. B. S. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI SISTEM EKSKRESI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DAWARBLANDONG MOJOKERTO. Jurnal Mahasiswa Teknologi Indonesia, 6(1), 1–10.
Parker, M., MacPhail, A., O’Sullivan, M., Nà ChróinÃn, D., & McEvoy, E. (2017). ‘Drawing’ conclusions. Https://Doi.Org/10.1177/1356336X16683898, 24(4), 449–466. https://doi.org/10.1177/1356336X16683898
Ramli, A., Dangnga, T., Ekonomi, F., Negeri Makassar, U., & Ekonomi, P. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018(1). https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/7649
Salasiah, R. & I. T. (2020). INSTRUMEN PENILAIAN HARIAN ASPEK KOGNITIF PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.20527/MPJ.V1I1.476
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.