ANALISIS PERMAINAN TRADISIONAL RANGKU ALU DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PJOK KELAS X J SMAN 6 SEMARANG

Authors

  • Siti Nurhalimah
  • Danang Aji Setyawan
  • Eko Mujiyono

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3301

Abstract

Abstract: This research aims to analyze the influence of traditional games on the learning motivation of class X J students at SMAN 6 Semarang in learning PJOK. This research uses a qualitative approach with descriptive research type. Data collection techniques were carried out through interviews, questionnaires and observation. The research results show that the use of traditional games in PJOK learning has a positive influence on students' learning motivation. The traditional game Rangku Alu succeeded in creating a fun, active, creative and interactive learning atmosphere, thereby increasing students' enthusiasm, enthusiasm and participation in learning. The student learning motivation questionnaire shows that the majority of students' learning motivation has increased. The percentage of students answering YES from the 10 questions in the questionnaire was 56.7% to 100%. Meanwhile, the percentage data that answered NO was around 0% to 43.3%. It can be concluded that learning methods that involve local cultural elements, such as the traditional game rangku alu, are able to create a challenging and enjoyable learning atmosphere, thereby reducing boredom and boredom among students in following the learning process.

Keywords: Traditional Games, Motivation to learn

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan tradisional terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X J SMAN 6 Semarang dalam pembelajaran PJOK. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran PJOK memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik. Permainan tradisional rangku alu berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aktif, kreatif dan interaktif, sehingga meningkatkan antusiasme, semangat, dan partisipasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Angket motivasi belajar peserta didik menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik motivasi belajar mengalami peningkatan. Persentase peserta didik dari 10 pertanyaan yang ada pada angket menjawab YA sebesar 56,7% hingga 100%. Sedangkan data persentase yang menjawab TIDAK sekitar 0% hingga 43,3%. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang melibatkan unsur budaya lokal, seperti permainan tradisional rangku alu, mampu menciptakan suasana belajar yang menantang dan menyenangkan, sehingga mampu mengurangi kejenuhan, dan kebosanan peserta didik dalam mengikuti proses belajar.

Kata Kunci: Pemainan Tradisional, Motivasi Belajar

References

DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172.

Handoko, D., & Gumantan, A. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Olahraga di SMAN 1 Baradatu. Journal Of Physical Education, 2(1), 1–7.

Kurniawan, A. R., Priambodo, A., & Kristiyandaru, A. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 11(2), 196

Anam, Syamsul, dkk. 2017. Studi Analisis Budaya Permainan Tradisional Suku Osing Kabupaten Banyuwangi. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, Vol 3 (2).

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Aritonang, K. (2018). Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Penerbit Ilmu Pendidikan.

Downloads

Published

2025-01-11

How to Cite

Nurhalimah, S., Setyawan, D. A., & Mujiyono, E. (2025). ANALISIS PERMAINAN TRADISIONAL RANGKU ALU DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PJOK KELAS X J SMAN 6 SEMARANG. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 12(1), 30–35. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3301

Issue

Section

Artikel

Citation Check