MENINGKATKAN TEKNIK LOMPAT TINGGI MELALUI PEMBELAJARAN YANG SISTEMATIS DAN MEDIA KARET DI SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALSARI KELAS V

Authors

  • Aditya Yardi Sulaeman
  • Anggi Setia Lengkana
  • Entan Saptani

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3314

Abstract

Abstract: This study aims to explore high jump techniques with rubber rope media at Tegalsari State Elementary School class V, in order to improve student learning outcomes and skills in performing high jumps. The method used in this research is experimental method with the research design applied is pretest-posttest group. Based on the research and the results of the analysis that has been carried out, it can be concluded that the high jump learning process using rubber band aids can be used as a model or strategy for learning high jump for class V SDN Tegalsari. The data that has been collected by researchers obtained the results of 12 students or 85.71% reaching the target, 2 students did not do it seriously.

Keywords: High Jump, Rubber Bracelet

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi teknik lompat tinggi dengan media tali karet di Sekolah Dasar Negeri Tegalsari kelas V, guna meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa dalam melakukan lompat tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian yang diterapkan adalah pretest-posttest group. Berdasarkan penelitian dan hasil analisi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran lompat tinggi dengan menggunakan alat bantu karet gelang dapat dijadikan sebagai salah satu model atau strategi pembelajaran lompat tinggi untuk kelas V SDN Tegalsari. Data yang sudah dikumpulkan peneliti diperoleh hasil 12 siswa atau 85,71% mencapai target, 2 siswa tidak melakukan dengan sungguh-sungguh.

Kata Kunci: Lompat Tinggi, Karet Gelang

References

DAFTAR PUSTAKA

Afrizal, D., Kridasuwarso, B., & Marani, I. N. (2017). Efektifitas Latihan Speed Play dan Interval Training terhadap Peningkatan Prestasi Lati 1500 Meter pada Klub Indonesia Muda. Jurnal Segar, 4(2), 73–81. https://doi.org/10.21009/segar.0402.04

Aidi, A., Atiq, A., & Yunitaningrum, W. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Tinggi Gaya Straddle dengan Modifikasi Alat Tali Karet di SDN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(4).

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. In Rineka Cipta (Vol. 7, Issue 2).

Dina Nudia, K. B. (2018). Penggunaan Mistar Karet Gelang Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Teknik Lompat Tinggi Gaya Straddle Pada Siswa Kelas VIII G SMP N 1 Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Negeri Yogyakarta.

Harmanto. (2015). Peningkatan Pembelajaran Lompat Tinggi Dengan Alat Bantu Karet Gelang Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegalharjo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. In Ekp (Issue 3). Universitas Negeri Yogyakarta.

Ilham, Z. (2017). .Atletik adalah salah satu cabang olahraga tertua yang telah dilakukan oleh manusia sejak zaman purba hingga sekarang.Bahkan boleh dikatakan sejak adanya manusia dimuka bumi ini.Dalam bahasa inggris, nomor-nomor dalam perlombaan atletik seperti nomor jala. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 16(1), 12–21. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/6449/5646

Junaidi, I. A. (2018). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai Dan Kelentukan Dengan Hasil Lompat Tinggi Gaya Flop Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Pgri Palembang. Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 1(2), 62–73. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Ng, T., G. Simanjuntak, V., & Haetami, M. (2017). Peningkatan Pembelajaran Lompat Tinggi Dengan Media Karet Di SDN 12 Balau Milut.

Notoatmodjo, S. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (3rd ed., Issue 2021). Jakarta : IKAPI, 2005. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2018/09/Metodologi-Penelitian-Kesehatan_SC.pdf

Perez, J. (2011). U . S . Soccer Curriculum.

Purnomo, & Dapan. (2017). Dasar-Dasar Atletik. Yogyakarta: Alfamedia.

Siti Nurani, E. (2012). Upaya Peningkatan Pembelajaran Lompat Tinggi Dengan Alat Bantu Karet Pada Siswa Kelas V SD Negeri Keji I, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sriawan. (2015). Identifikasi Kesalahan Dalam Melakukan Lompat Tinggi Gaya Guling Perut Siswa Kelas V SDN III Pengsih Wates Kulonprogo. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(1), 54–60.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Supandi, S., Rudiansyah, E., & Susilawati, I. (2019). Penerapan Media Tali Karet Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Lompat Tinggi Gaya Gunting Siswa SMA Negeri 1 Menukung. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 6(2), 27–31.

Downloads

Published

2025-02-12

How to Cite

Sulaeman, A. Y., Lengkana, A. S., & Saptani, E. (2025). MENINGKATKAN TEKNIK LOMPAT TINGGI MELALUI PEMBELAJARAN YANG SISTEMATIS DAN MEDIA KARET DI SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALSARI KELAS V. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 12(1), 104–113. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3314

Issue

Section

Artikel

Citation Check