PENERAPAN PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR LOMPAT JAUH DI SMK NEGERI 5 PEKANBARU

Authors

  • Auliyani Fatma
  • Febby Leonardo
  • Lucky Perdiansyah
  • Rezki Aidil Fitra
  • Rivaldo Rivaldo
  • Ardiah Juita
  • Ricel Alkhotdri

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i2.3791

Abstract

Abstract: The Teaching at the Right Level (TaRL) approach is a teaching method that guides students in completing tasks based on their unique skill levels. which include low, medium, and high levels. The purpose of this study was to determine whether the TaRL approach can improve students' learning activity in PJOK learning on long jump material at SMK Negeri 5 Pekanbaru. This research methodology combines quantitative descriptive research design with Classroom Action Research (CAR). Of the 287 grade X students in the population, only 37 samples were selected using purposive sampling techniques. The results showed that cycle one obtained a percentage value of 58.44% while in cycle 2 it obtained a percentage value of 84.37%. Based on these statistical data, students' learning activity in PJOK learning on long jump material can be improved by using the Teaching at the Right Level (TaRL) strategy. This is evidenced by the percentage value of cycles 1 and 2 which increased to 25.93%

Keywords: TaRL, Learning Activeness, Long Jump

 

 

Abstrak: Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) adalah metode pengajaran yang membimbing peserta didik dalam menyelesaikan tugas berdasarkan tingkat keterampilan unik mereka. yang meliputi level rendah, sedang, dan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan TaRL ini dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK pada materi lompat jauh di SMK Negeri 5 Pekanbaru. Metodologi penelitian ini menggabungkan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari 287 siswa kelas X dalam populasi, hanya 37 sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus satu memperoleh nilai presentase sebanyak 58,44% sedangkan pada siklus 2 memperoleh nilai presentase sebanyak 84,37%. Berdasarkan data statistic tersebut, aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PJOK pada materi lompat jauh dapat ditingkatkan dengan menggunakan strategi Teaching at the Right Level (TaRL). Hal ini dibuktikan dengan nilai persentase dari siklus 1 dan 2 yang meningkat menjadi 25,93%.

Kata Kunci: Pendekatan TaRL, Keaktifan Belajar, Lompat Jauh

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, H. (2022). MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jasmani Dan Olahraga, 7(1), 104–109. https://scholar.archive.org/work/edskqbhzcrgb3ggjpvvtbmr2x4/access/wayback/https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/multilateralpjkr/article/download/10684/7997

Anggara, A., & Hudah, M. (2024). Education , Language , and Culture ( EDULEC ) Penerapan Metode TaRL untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar PJOK Siswa SMK 5 Semarang. 3, 308–314.

Aziz, M. A., & Yudi, A. aldha. (2019). Perbedaan Pengaruh Latihan Pliometrik dan Kecepatan Lari Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok. 1–23.

Endrawan, I. B., Kesumawati, S. A., & Sartika, D. (2024). Efforts to Improve Long Jump Learning Achievement Through 50-Meter Sprint Training. 4(1), 48–60.

Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. (2023). Teaching at The Right Level sebagai Wujud Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Era Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(1), 10. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i1.101

Fatma, A., Sulastio, A., & Vai, A. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP / MTs Negeri dan Swasta Se-Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. 21, 37–44.

Fikri, M. (2022). For High School Boys , The Effect of Explosive Power on the Long Jump ( Tuck ) Results. Journal Homepage, 03(01), 26–34.

Gempita, L. E., Alfiandra, A., & Murniati, S. R. (2023). Penerapan Model TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Basicedu, 7(3), 1816–1828. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5592

Hafidz, I. A., Syafei, M. M., & Afrinaldi, R. (2021). Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 104–109.

Hasanuddin, Arnold Sau, Deddy Yusuf, Ahmad Resa Ashar, Muh Hasbi Asikdik, & Jerliyen Pramita Londong. (2023). Increasing The Students’ Entrepreneurial Learning Outcomes Based on Technology in the Era of Revolution 5.0. IJOLEH : International Journal of Education and Humanities, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.56314/ijoleh.v2i2.171

Istiqlaliyah Mahardika, N., Muslimah, M., & Nurita, T. (2024). Implementasi PBL Terintegrasi TaRL dan CASEL untuk Meningkatkan Peran Aktif dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. PENDIPA Journal of Science Education, 8(2), 114–120. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.2.114-120

Jumaking, & Wahyudin. (2023). Jurnal Stamina. 6, 18–26.

Lailatul Fajri, N., Nurita, T., & Muslimah, atul. (2024). Pendekatan TaRL terintegrasi Social Emotional Learning (SEL) dengan Model PBL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 8(2), 139–145. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa

Nurkhoirin, R., Jayanti, A., Zhannisa, U. H., Isna, M., & Wibisana, N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Proses Pembelajaran PJOK. 14(4), 260–267.

Prasetyo, B. (2021). Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Permainan Bola Basket melalui Model Pembelajaran Savi (Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 881–887. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.362

Pratiwi, A., Sembiring, M. B., & Pradesa, D. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL dengan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Education Journal : Journal Education Research and Development, 8(2), 361–368.

Salahudin, S., Ewan Irawan, & Furkan, F. (2024). The Role of Physical Education and Sports in Shaping the Nation’s Character. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.59923/champions.v2i1.91

Sari, E. R., Yusnan, M., & Matje, I. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran. Jurnal Eduscience, 9(2), 583–591. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3042

Suhartoyo, T., Pangudi, T., Kusuma, M. N. H., Syafei, M., Listiandi, A. D., & Kustiawan, A. A. (2022). Analisis Angel Of Take-Off Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Atlet Jawa Tengah Berbasis Biomekanika. Physical Activity Journal, 4(1), 61. https://doi.org/10.20884/1.paju.2022.4.1.6838

Downloads

Published

2025-05-19

How to Cite

Fatma, A., Leonardo, F., Perdiansyah, L., Fitra, R. A., Rivaldo, R., Juita, A., & Alkhotdri, R. (2025). PENERAPAN PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR LOMPAT JAUH DI SMK NEGERI 5 PEKANBARU. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 12(2), 209–222. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i2.3791

Issue

Section

Artikel

Citation Check