MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI METODE PERMAINAN KECIL BOLA KASTI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 005 TANJUNG JABUNG BARAT

Authors

  • Elfi Mardiani
  • Ahmad Muzaffar
  • Ely Yuliawan

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i2.4320

Abstract

Abstract: This study aims to improve the basic locomotor movement skills of fourth grade students of Tanjung Jabung Barat Elementary School through the application of the small ball dynasty game method. This research is a Classroom Action Research (PTK) conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection stages. The research subjects were class IV students totaling 27 people. Data collection techniques used observation, documentation, and movement skills assessment. The results showed a significant increase in students' locomotor skills, such as running, jumping, and catching the ball, after the application of the small ball dynasty game method. In cycle I, the percentage of students' skill completeness reached 33,3%, and increased to 96,3% in cycle II. In conclusion, the small ball dynasty game method is effective in improving students' locomotor basic movement skills, while creating a fun and active learning atmosphere.

Keywords: locomotor, rounders, small game

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar lokomotor siswa kelas IV SD Tanjung Jabung Barat melalui penerapan metode permainan kecil bola kasti. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan penilaian keterampilan gerak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan lokomotor siswa, seperti berlari, melompat, dan menangkap bola, setelah diterapkannya metode permainan kecil bola kasti. Pada siklus I, persentase ketuntasan keterampilan siswa mencapai 33,3%, dan meningkat menjadi 96,3% pada siklus II. Kesimpulannya, metode permainan kecil bola kasti efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak dasar lokomotor siswa, sekaligus menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan aktif.

Kata Kunci: Lokomotor, bola kasti, permainan kecil

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan kelas (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

Febrianti, Y., & Suherman, A. (2021). Peningkatan kelincahan dan kecepatan melalui permainan tradisional Gobak Sodor pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 6(1), 45-53. https://doi.org/xxxx

Pangrazi, R. P., & Beighle, A. (2019). Dynamic physical education for elementary school children (19th ed.). Human Kinetics.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi. 8(1).21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Goodway, J. D., Ozmun, J. C., & Gallahue, D. L. (2019). Understanding Motor Development: Infants, Children, Adolescents, Adults (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.

Triyanti. (2021). Melalui Gerak Lokomotor Pada Anak Kelompok B Taman Kanak Kanak Negeri Sari Mulya Jurnal Alayya. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 34(1).

Wulan, D. S. A. (2015). Peningkatan Kemampuan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Lari Estafet Modifikasi. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 1(9). https://media.neliti.com/media/publications/117781-ID-peningkatan kemampuan-gerak-lokomotor-me.pdf

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Mardiani, E., Muzaffar, A., & Yuliawan, E. (2025). MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI METODE PERMAINAN KECIL BOLA KASTI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 005 TANJUNG JABUNG BARAT. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 12(2), 300–306. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i2.4320

Issue

Section

Artikel

Citation Check