MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR LOKOMOTOR MELALUI METODE PERMAINAN KECIL BOLA KASTI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 005 TANJUNG JABUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i2.4320Abstract
Abstract: This study aims to improve the basic locomotor movement skills of fourth grade students of Tanjung Jabung Barat Elementary School through the application of the small ball dynasty game method. This research is a Classroom Action Research (PTK) conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection stages. The research subjects were class IV students totaling 27 people. Data collection techniques used observation, documentation, and movement skills assessment. The results showed a significant increase in students' locomotor skills, such as running, jumping, and catching the ball, after the application of the small ball dynasty game method. In cycle I, the percentage of students' skill completeness reached 33,3%, and increased to 96,3% in cycle II. In conclusion, the small ball dynasty game method is effective in improving students' locomotor basic movement skills, while creating a fun and active learning atmosphere.
Keywords: locomotor, rounders, small game
Â
Â
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar lokomotor siswa kelas IV SD Tanjung Jabung Barat melalui penerapan metode permainan kecil bola kasti. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan penilaian keterampilan gerak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan lokomotor siswa, seperti berlari, melompat, dan menangkap bola, setelah diterapkannya metode permainan kecil bola kasti. Pada siklus I, persentase ketuntasan keterampilan siswa mencapai 33,3%, dan meningkat menjadi 96,3% pada siklus II. Kesimpulannya, metode permainan kecil bola kasti efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak dasar lokomotor siswa, sekaligus menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan aktif.
Kata Kunci: Lokomotor, bola kasti, permainan kecilReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan kelas (Edisi Revisi). Bumi Aksara.
Febrianti, Y., & Suherman, A. (2021). Peningkatan kelincahan dan kecepatan melalui permainan tradisional Gobak Sodor pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 6(1), 45-53. https://doi.org/xxxx
Pangrazi, R. P., & Beighle, A. (2019). Dynamic physical education for elementary school children (19th ed.). Human Kinetics.
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi. 8(1).21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Goodway, J. D., Ozmun, J. C., & Gallahue, D. L. (2019). Understanding Motor Development: Infants, Children, Adolescents, Adults (8th ed.). Jones & Bartlett Learning.
Triyanti. (2021). Melalui Gerak Lokomotor Pada Anak Kelompok B Taman Kanak Kanak Negeri Sari Mulya Jurnal Alayya. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 34(1).
Wulan, D. S. A. (2015). Peningkatan Kemampuan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Lari Estafet Modifikasi. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 1(9). https://media.neliti.com/media/publications/117781-ID-peningkatan kemampuan-gerak-lokomotor-me.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.