PENGEMBANGAN VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN KETERAMPILAN PASSING PEMBELAJARAN SEPAKBOLA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v13i1.4696Abstract
Abstract: This study aims to develop and evaluate the validity and reliability of a soccer passing skill assessment instrument for elementary school students. Passing skills are a fundamental component in physical education learning; however, contextually relevant and psychometrically tested instruments remain limited. The research employed a modified Research and Development (R&D) approach based on the Borg and Gall model, consisting of seven stages from needs analysis to final product development. Content validity was assessed using the Content Validity Index (CVI), construct validity through Exploratory and Confirmatory Factor Analyses (EFA and CFA), and reliability using the Intraclass Correlation Coefficient (ICC), test–retest, and Cronbach’s alpha. The results showed S-CVI = 0.92, CFI = 0.95, RMSEA = 0.054, ICC = 0.91, and α = 0.86, indicating high validity and reliability. The game-based assessment instrument includes three key dimensions technical, tactical, and procedural and is relevant for authentic assessment in elementary physical education learning.
Keywords: soccer passing, instrument validity, authentic assessment
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji validitas serta reliabilitas instrumen penilaian keterampilan passing sepak bola untuk siswa Sekolah Dasar (SD). Keterampilan passing merupakan dasar penting dalam pembelajaran PJOK, namun belum tersedia instrumen yang kontekstual dan teruji secara psikometrik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) model Borg and Gall yang dimodifikasi melalui tujuh tahap, mulai dari analisis kebutuhan hingga penyusunan produk akhir. Validitas isi diuji menggunakan Content Validity Index (CVI), validitas konstruk dengan Exploratory dan Confirmatory Factor Analysis (EFA dan CFA), serta reliabilitas melalui Intraclass Correlation Coefficient (ICC), test–retest, dan Cronbach’s alpha. Hasil menunjukkan S-CVI = 0.92, CFI = 0.95, RMSEA = 0.054, ICC = 0.91, dan α = 0.86, yang menandakan validitas dan reliabilitas sangat baik. Instrumen berbasis game-based assessment ini mencakup tiga dimensi teknis, taktis, dan prosedural serta relevan untuk asesmen autentik dalam pembelajaran PJOK di sekolah dasar.
Kata Kunci: passing sepakbola, validitas instrumen, penilaian autentik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut: 1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini. 2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini. 3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.



