MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS MATA PELAJARAN PJOK PADA MASA TRANSISI MENUJU POST PANDEMIC COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v9i2.752Abstract
Penguasaan kelas merupakan hal yang paling substansi dalam mengajar. Kemampuan teknis dalam mengelola kelas tentunya didukung oleh kemampuan serta pengetahuan tentang metode, model pembelajaran, strategi pembelajaran serta kemampuan membaca karakter peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti melihat pentingnya manajemen pengelolaan kelas yang efektif menuju masa post pandemic. Peneliti melakukan penelitian di salah satu sekolah di Kota Pekanbaru. Dikarenakan di kota ini sekolah sedang melakukan masa transisi setelah mengalami masa pandemi. Peneliti menggunakan instrument wawancara serta observasi untuk mengukur sistem pengelolaan kelas guru PJOK dalam mengelola kelas. Hasil dari penelitian ini peneliti berkesimpulan bahwasanya guru PJOK menguasai metode, strategi, dan model pembelajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah, setiap pendidik terutama guru PJOK diwajibkan menguasai berbagai macam instrument pembelajaran agar proses pembelajaran dapar berjalan efektif
Kata Kunci: Manajemen, pengelolaan kelas, PJOK
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. (1998). Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.
Damarah. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrama Widya.
Dewi, R. S. (2015). Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran di SMP Se-Kecamatan MUNTILAN. UIN Surabaya.
Dimyati, & Mudijono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Olahraga Rekreasi. Samudra (JORS) : Jurnal Ilmu Olahraga, 4(1), 80–86.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 88–105.
Hasibuan, & Moejiono. (2006). Tentang Pengelolaan Kelas dan siswa sebuah pendekatan evaluative. Remaja Karya.
Mita, R. (2015). Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, 2(8).
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Press.
Sunarto. (2017). Manajemen Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Bagi Nilai Sosial Siswa Di Sma Negeri 3 Medan, Sma Negeri 2 Lubuk Pakam, Sma Negeri 1 Perbaungan Dan Sma Unggulan Ct Foundation. EducanduM, 10(1), 54–61.
Warsono, S. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Manajer Pendidikan, 10(5), 469–476.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.