PERBEDAAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA KELAS 1 DAN KELAS 2
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v10i1.951Abstract
References
Agustin, R. N., Novianti, R., & Puspitasari, E. (2021). Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di tk se- kecamatan bangkinang kota kabupaten kampar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1). https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1667
Alex. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pengajar.Co.Id. https://doi.org/Alex. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pengajar.Co.Id.
Amirzan, A. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa SD Kelas V. Journal Physical Education, Health and Recreation, 2(1). https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i1.7843
Ananditha, A. C. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1). https://doi.org/10.30651/jkm.v2i1.924
Anisah, D., Kamidi, A., Tuasikal, A. R. S., & Suroto, S. (2020). Permainan kids athletics sebagai stimulasi kemampuan motorik kasar anak sekolah dasar kelas v dan vi. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.17977/um040v4i1p66-72
Armen, M., & Rahmalia, A. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Rondes dan Gobak Sodor terhadap Kemampuan Gerak Motorik Kasar Siswa Kelas V SD. UNES Journal of Education, 1(4). https://doi.org/Alex. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pengajar.Co.Id.
Citraningrum, D. M. (2020). Pemanfaatan permainan tradisional pada masa pandemi dina. Humaniora Dan Era Disrupsi : E-Prosiding Seminar Nasional Pekan Chairil Anwar, 1(1).
Firmansyah, G. (2019). Model Pembelajaran Gerak Dasar Melompat melalui Modifikasi Permainan Tradisional Engklek pada Anak Sekolah Dasar. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(2). https://doi.org/10.17509/tegar.v2i2.17822
Fitriani. (2017). Perbedaan Efektivitas Permainan Tradisional “Dende–Dende†Dengan Sepatu Roda Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Pra Sekolah. Skripsi.
Hadi, H., Royana, I. F., & Setyawan, D. A. (2017). Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak (TK) di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(2).
Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575
Hanum, A., & Rohita, R. (2021). Kegiatan sentra olah tubuh dalam menstimulasi kemampuan motorik kasar anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 89. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.584
Imansyah, Y. (2017). INGATAN (MEMORY) DALAM PROSES PEMBELAJARAN GERAK (Aplikasi dalam Olahraga Futsal). Seminar Nasional KeIndonesiaan II Tahun 2017.
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model pembelajaran daring sebagai alternatif proses kegiatan belajar pendidikan jasmani di tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.389226
Kamaludin, K., Ngadiman, N., Festiawan, R., Kusuma, I. J., & Febriani, A. R. (2020). Pengembangan Permainan Pecah Piring Sintren: Pemanfaatan Olahraga Tradisional pada Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2). https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24447
Natas Pasaribu, A. M., & Daulay, D. E. (2019). Pengaruh permainan lari estafet terhadap kemampuan gerak dasar motorik kasar siswa kelas 3 sdn karet ii kabupaten tangerang. JURNAL PRESTASI, 2(4). https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11909
Parwata, I. M. Y. (2021). Pembelajaran Gerak Dalam Pendidikan Jasmani Dari Perspektif Merdeka Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5233331
Potensia, J. I. (2020). Penerapan Metode Latihan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Tari Kreasi Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.5.1.25-30
Prastika, H. D., & Sumarmi, S. (2020). Hubungan Sulit Makan Pangan Hewani, Tingkat Asupan Energi, Asam Folat, dan Seng dengan Perkembangan Motorik Halus dan Motorik Kasar Anak Prasekolah di TK Kristen Setabelan Surakarta. Amerta Nutrition, 4(1). https://doi.org/10.20473/amnt.v4i1.2020.8-12
Rejeki, H. S., Suharjana, Suherman, W. S., Ardiansyah, A., & Ahdhianto, E. (2020). Baku Baku Raja traditional game model to enhance basic movement skills on elementary students in Indonesia. Universal Journal of Educational Research, 8(11). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081115
Sari, D. P., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Petak Umpet Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 40–44. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.5.1.40-44
Sari, R. (2017). Pengantar Penelitian Kuantitatif. In Pemaparan Metodenpenelitian Kuantitatif.
Sihite, J., & Dimyati, D. (2022). Pengaruh Permainan Sirkuit Pos Geometri Terhadap Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1896
Sugeng, B. (2020). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif. KOMUNIKASI PENELITIAN KUANTITATIF Program Studi Jurnalistik & Humas.
Syarif, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Gerak Motorik Kasar dengan Menggunakan Permainan Tradisional Manyipet pada Siswa Laki-Laki Kelas V di SD Negeri 7 Bukit Tunggal. Jurnal MERETAS, 5(2).
Wahidmurni, W. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF. Ekp, 13(3).
Widiarti, W., Yetti, E., & Siregar, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1005
Yudanto, Y. (2020). Pengaruh model aktivitas jasmani berbasis perseptual motorik terhadap gerak dasar manipulatif anak taman kanak-kanak. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13976
Yulingga Nanda Hanief, S. (2015). Jurnal sportif â— vol. 1 no. 1 november 2015 60. Jurnal Sportif, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.