Analisis Konseptual Dan Aplikatif Konteks Integral Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Authors

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep integral dalam kalkulus serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari melalui pendekatan tinjauan pustaka kontekstual-tematik. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang didasarkan pada berbagai sumber ilmiah relevan, termasuk jurnal nasional dan internasional serta buku ajar kalkulus terapan. Temuan menunjukkan bahwa konsep integral tidak hanya penting dalam konteks akademik, tetapi juga memiliki peran praktis di berbagai bidang seperti transportasi (menghitung jarak dari grafik kecepatan terhadap waktu), ekonomi (akumulasi keuntungan), ilmu lingkungan (mengukur limbah atau polusi), dan kesehatan (menentukan dosis obat berdasarkan laju penyerapan). Kebaruan dari penelitian ini terletak pada pendekatan klasifikasi tematik dan aplikatif yang belum banyak dibahas secara sistematis dalam literatur sebelumnya. Tinjauan ini diharapkan dapat meningkatkan literasi matematis fungsional dan memberikan ilustrasi konkret bahwa konsep integral bersifat kontekstual dan aplikatif dalam kehidupan modern.

Author Biography

MOH. ATIKURRAHMAN, Universitas Ibrahimy

saya seorang dosen matematika di fakultas tarbiyah universitas inbrahimy

References

[1] S. Putranto and G. I. Ratnasari, “Why I Am Confused To Apply Mathematics Concept: Student Perspective of Mathematics Role in Life,” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 11, no. 1, p. 538, 2022, doi: 10.24127/ajpm.v11i1.4534.

[2] S. Sujatha and K. Vinayakan, “Integrating Math And Real-World Applications?: A Review Of Integrating Math And Real-World Applications?: A Review Of Practical Approaches To Teaching,” no. July 2023, 2024.

[3] Kartimi, A. S. Shidiq, and D. Nasrudin, “The elementary teacher readiness toward stem-based contextual learning in 21st century era,” Elementary Education Online, vol. 20, no. 1, pp. 145–156, 2021, doi: 10.17051/ilkonline.2021.01.019.

[4] M. Zulfitni, D. Ayu, R. Pradita, and C. Author, “Teorema Residu Dan Aplikasinya Dalam Integral,” vol. 11, no. 1, pp. 1–5, 2022.

[5] Y. Suzana, Sabaruddin, S. Maharani, and Z. Abidin, “Mathematics Learning Through Character Education Based on Integrated Thematic Learning: a Development of Learning Materials,” Infinity Journal, vol. 10, no. 2, pp. 301–318, 2021, doi: 10.22460/infinity.v10i2.p301-318.

[6] H. Siswanto, “Mathematical Interpretation of the Geblek Renteng Batik Theme?: Exploring Geometric Transformations,” vol. 4, no. 01, pp. 36–50, doi: 10.56741/jpes.v4i01.664.

[7] T. Aisyah, R. Zannah, E. A.E.L, Y. Trisilaningsih, and N. Y. Priyanti, “Pembelajaran Problem Based Learning,” Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 27–36, 2022, doi: 10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6563.

[8] C. Vásquez, J. L. Piñeiro, and I. García-Alonso, “What Challenges Does the 21st Century Impose on the Knowledge of Primary School Teachers Who Teach Mathematics? An Analysis from a Latin American Perspective,” Mathematics, vol. 10, no. 3, 2022, doi: 10.3390/math10030391.

[9] F. D. A. I. G. Wulandari Wangi Ni Kadek, “Jurnal Inovasi Pendidikan,” Jurnall Inovasi Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 52–61, 2024, [Online]. Available: https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285

[10] E. A. Abedi, “Tensions between technology integration practices of teachers and ICT in education policy expectations: implications for change in teacher knowledge, beliefs and teaching practices,” Journal of Computers in Education, vol. 11, no. 4, pp. 1215–1234, 2023, doi: 10.1007/s40692-023-00296-6.

[11] S. Livy, T. Muir, N. V. Trakulphadetkrai, and K. Larkin, “Australian primary school teachers’ perceived barriers to and enablers for the integration of children’s literature in mathematics teaching and learning,” Journal of Mathematics Teacher Education, vol. 26, no. 1, pp. 5–26, 2023, doi: 10.1007/s10857-021-09517-0.

[12] M. Naimnule, J. E. Simarmata, and F. Mone, “Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Kalkulus I Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Timor,” Numeracy, vol. 10, no. 1, pp. 33–40, 2023, doi: 10.46244/numeracy.v10i1.1906.

Published

2025-07-31 — Updated on 2025-07-31

Versions

How to Cite

ATIKURRAHMAN, M. (2025). Analisis Konseptual Dan Aplikatif Konteks Integral Dalam Kehidupan Sehari-Hari. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). Retrieved from https://www.jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/KJPM/article/view/4088

Issue

Section

Articles

Citation Check