UJI KELAYAKAN ALAT PERAGA KINCIR AIR SEDERHANA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

Dinda Nur Azizah

Abstract


Penelitian uji kelayakan media pembelajaran berupa kincir air sederhana pada materi fluida dinamis ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media kincir air berdasarkan teknik penilaian yang terdiri dari aspek efisiensi, ketahanan, keamanan, estetika, dan nilai pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan model pengembangan 4D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data dari instrumen penelitian dengan analisis data kuantitatif. Uji kelayakan diadakan di Universitas Negeri Yogyakarta dengan subjek mahasiswa aktif Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY sebagai validator ahli. Setelah diadakannya penilaian, diperoleh hasil uji kelayakan terhadap aspek efisiensi sebesar 80%, ketahanan 75%, keamanan 91,67%, estetika 81,25%, dan nilai pendidikan 82,5% dengan kriteria sangat sesuai pada masing-masing aspek. Uji kelayakan media kincir air sederhana pada materi fluida dinamis ini menunjukkan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian ini, media kincir air sederhana pada materi fluida dinamis dapat diuji cobakan terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai media pembelajaran di kelas XI SMA.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46368/qjpia.v3i2.957

Article Metrics

Abstract view : 52 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.