PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Asimi Rafsan Jalil, Riki Pradana

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik pada materi Hukum Newton. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain penelitian model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, et al (1974) yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate, namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop saja. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah RPP, LKPD dan Instrument Tes. Validitas perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil validasi oleh 2 orang validator ahli dengan analisis yang semuanya menghasilkan kategori sangat valid, baik dari RPP, LKPD dan Instrumen Tes. Berdasarkan hasil analisis validasi dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model guided discovery learning layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsepHukum Newton pada peserta didik.


Full Text:

PDF

References


‘Ardhuha, J., Sahidu, H., & Ulfa, S. M. (2022). Desain dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Inquiry Berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Usaha dan Energi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1143–1149. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.711

Abdullah, R. (2018). Meningkatkan Kompetensi guru dalam penyusunan RPP Yang Baik Dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis MGMP Semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 1 Ambalawi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(1), 67-78.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifuddin, A., Sutrio, S., & Taufik, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Berbasis Hands On Activity dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 894-900

Dachliyani, L., & Sos, S. (2019). Instrumen Yang Sahih: Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat (Evaluasi Pembelajaran). MADIKA: Media Informasi dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 57-65.

Elisa, E., Mardiyah, A., & Ariaji, R. (2017). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN AKTIVITAS MAHASISWA MELALUI PhET SIMULATION. PeTeKa, 1(1), 15-20. https://doi.org/10.31604/ptk.v1i1.15-20

Kawiyah, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 10 (2), Hal. 201-210.

Ongkohardjo, S. A., Purba, K. R., & Santoso, L. W. (2016). Pembuatan Media pembelajaran Gaya dan Tekanan Fisika untuk Siswa SMP Berbasis Flash. Program Studi Teknik Informatika, 2–6.

Sari, A. L. R., Parno, P., & Taufiq, A. (2018). Pemahaman konsep dan kesulitan siswa SMA pada materi hukum Newton. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(10), 1323-1330. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Sumarmo, U. (2014). Asesmen Soft Skill dan Hard Skill Matematik Siswa Dalam Kurikulum 2013. 1-30. Retrieved from https://anzdoc.com/asesmen-soft-skill-danhard-skill-matematik-siswa-dalam-kuri.html




DOI: https://doi.org/10.46368/qjpia.v3i2.967

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.