PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS PERMAINAN

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Zerri Rahman Hakim PGSD, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Ana Nurhasanah PGSD, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.1090

Abstract

Keterampilan sosial merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh setiap  peserta didik untuk dapat hidup secara adaptif di era revolusi industri 4.0 yang merupakan era perkembangan teknologi. Oleh karena itu, guru harus memahami perannya untuk memilih pembelajaran yang sesuai dengan karaktersitik peserta didik, khususnya peserta didik kelas rendah yang masih senang bermain sekaligus memilih pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran kooperatif berbasis permainan, kondisi keterampilan sosial peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, serta tantangan guru dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik melalui pembelajaran kooperatif berbasis permainan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah berperan aktif sebagai fasilitator dalam memilih dan menyediakan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik yaitu pembelajaran kooperatif berbasis permainan yang berorientasi pada pengembangan keterampilan sosial peserta didik. Sehingga keterampilan sosial peserta didik terlihat dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, peran guru juga telah mampu mengantarkan guru untuk mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pengembangan keterampilan sosial peserta didik.

Author Biography

Sri Wahyuni, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Adnyana, KS dan Gusti Ngrah Arya Yudaparmita. (2021). Peran Guru dan Orang Tua di SD dalam Pembelajaran IPS di Masa Pandemi Covid-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. 2 (1). 21-30.

Agusniatih, A dan Jane M Monepa. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Amalia, DN. (2021). Strategi Guru Kelas dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas 5 SDN Ngaglek 01 Kota Batu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Aswan. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis Paikem. Yogykarta: Aswaja Pressindo.

Chan, F. (2017). Implementasi Guru Menggunakan Metode Permainan Pada Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 2 (1) 106-123.

Dalillah. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMA Darussalam Ciputat. Tangerang: Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Darmadi. (2017). Asyiknya Bermain Sambil Belajar: Menelisik Nilai-nilai Permainan Edukatif dan Manfaatnya dalam Menciptakan Pembelajaraan yang Menyenangkan. Bogor: Guepedia.

Handayani, P. (2017). Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Permainan Tradisional Congklak pada Mata Pelajaran IPS. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 7 (1). 39-46.

Haqih, MK., dkk. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Softwarearticulate Storyline Pada Kegiatan Pembelajaran Tematik. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. 10 (1). 33-44.

Heriawan, dkk. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoretis Praktis: Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Serang: LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru).

Hidayat, S. (2017). Pengembangan Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hosnan, M. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Marwanti, E., dkk. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Pasca Pandemi. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 6 (2). 49-58.

Mayawati, AI. (2020). Pengaruh Model Cooperative Learning Berbantuan Modul Berbasis Multiple Intelligence Terhadap Keterampilan Sosial Siswa. Magelang: Skripsi. Porgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Moleong, LJ. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhayani, SA dan Fatmariza. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Berpendapat dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik Terpadu. JCP: Jurnal Cakrawala Pendas. 8 (2). 352-366.

Nurjan, S. (2019). Perkembangan Peserta Didik Pespektif Islam. Yogyakarta: Titah Surga.

Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dlam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 6 (1). 51-64.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Putriani, JD dan Hudaidah. (2021). Penerapan Pendidikan Indoensia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (3). 831-838.

Priansa, DJ. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Pribadi, RA., dkk. (2022). Strategi P:enguatan Karakter Tanggung Jawab Kepada Peserta Didik Melalui Kegiatan Pendampingan Belajar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. 10 (1). 129-142.

Rut, N., dkk. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan

Sosial Anak Kelas IV SD 091526. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 6 (2). 449-455.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, MU. (2017). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Vegetari, AG., dkk. (2020). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Penerapan Model Fan N Pick dan Inside Outside Circle di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 5 (10). 1446-1452.

Wahyuni, AP., dkk. (2022). Peran Guru dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran di MI Yayasan Perguruan Islam Al-Hasanah. IBTIDAâ€IYAH: Jurnal Prodi PGMI. 7 (1). 1-5.

Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Zein, M. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. E-Jurnal UIN Alauddin Makassar. 5 92). 274-285.

Published

2024-07-03

How to Cite

Wahyuni, S., Hakim, Z. R., & Nurhasanah, A. (2024). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS PERMAINAN. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 12(1), 123–138. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.1090

Issue

Section

Artikel

Citation Check