PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS PERMAINAN
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.1090Abstract
References
Adnyana, KS dan Gusti Ngrah Arya Yudaparmita. (2021). Peran Guru dan Orang Tua di SD dalam Pembelajaran IPS di Masa Pandemi Covid-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. 2 (1). 21-30.
Agusniatih, A dan Jane M Monepa. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Amalia, DN. (2021). Strategi Guru Kelas dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas 5 SDN Ngaglek 01 Kota Batu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Aswan. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis Paikem. Yogykarta: Aswaja Pressindo.
Chan, F. (2017). Implementasi Guru Menggunakan Metode Permainan Pada Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 2 (1) 106-123.
Dalillah. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMA Darussalam Ciputat. Tangerang: Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Darmadi. (2017). Asyiknya Bermain Sambil Belajar: Menelisik Nilai-nilai Permainan Edukatif dan Manfaatnya dalam Menciptakan Pembelajaraan yang Menyenangkan. Bogor: Guepedia.
Handayani, P. (2017). Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Permainan Tradisional Congklak pada Mata Pelajaran IPS. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 7 (1). 39-46.
Haqih, MK., dkk. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Softwarearticulate Storyline Pada Kegiatan Pembelajaran Tematik. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. 10 (1). 33-44.
Heriawan, dkk. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoretis Praktis: Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Serang: LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru).
Hidayat, S. (2017). Pengembangan Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hosnan, M. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Marwanti, E., dkk. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Pasca Pandemi. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 6 (2). 49-58.
Mayawati, AI. (2020). Pengaruh Model Cooperative Learning Berbantuan Modul Berbasis Multiple Intelligence Terhadap Keterampilan Sosial Siswa. Magelang: Skripsi. Porgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Moleong, LJ. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhayani, SA dan Fatmariza. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Berpendapat dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik Terpadu. JCP: Jurnal Cakrawala Pendas. 8 (2). 352-366.
Nurjan, S. (2019). Perkembangan Peserta Didik Pespektif Islam. Yogyakarta: Titah Surga.
Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dlam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 6 (1). 51-64.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Putriani, JD dan Hudaidah. (2021). Penerapan Pendidikan Indoensia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (3). 831-838.
Priansa, DJ. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Pribadi, RA., dkk. (2022). Strategi P:enguatan Karakter Tanggung Jawab Kepada Peserta Didik Melalui Kegiatan Pendampingan Belajar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. 10 (1). 129-142.
Rut, N., dkk. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan
Sosial Anak Kelas IV SD 091526. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 6 (2). 449-455.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Usman, MU. (2017). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Vegetari, AG., dkk. (2020). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Penerapan Model Fan N Pick dan Inside Outside Circle di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 5 (10). 1446-1452.
Wahyuni, AP., dkk. (2022). Peran Guru dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran di MI Yayasan Perguruan Islam Al-Hasanah. IBTIDAâ€IYAH: Jurnal Prodi PGMI. 7 (1). 1-5.
Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Zein, M. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. E-Jurnal UIN Alauddin Makassar. 5 92). 274-285.