MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS 4 DI SDN GORDA 1

Authors

  • Sulisti Nurfatimah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Ana Nurhasanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Lukman Nulhakim

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.493

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar, upaya guru dalam meninngkatkan minat belajar siswa danmelihat bagaimana minat belajar siswa dalam pembelajaran daring kelas 4.  penelitian ini merupakan penelitian ini dilaksanakan di SDN Gorda 1 yang terletak di Cikande Serang, Mulai dari pada bulan April 2021. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis ini menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini  bahwasannya faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar seperti peran orang tua, peran guru, sarana prasarana, dan metode strategi sudah cukup baik dilakukan. Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa sangat besar dengan memotivasi dan memberikan apresiasi kepada siswa. Dan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring di SDN Gorda 1 sangat baik dilihat dari perhatian siswa, kesukaan siswa, kesukaan siswa dan ketertarikan siswa.

Author Biographies

Sulisti Nurfatimah, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

primary Elementary education school

Ana Nurhasanah, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

primary elementary educational school

References

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Cetakan ke 17. Bandung. Alfabeta.

J. Meleong. L. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Posdakara

Meda Yuliani, dkk. (2020) Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Cetakan pertama. Medan. Yayasan Kita Menulis.

Published

2022-06-29

How to Cite

Nurfatimah, S., Nurhasanah, A., & Nulhakim, L. (2022). MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS 4 DI SDN GORDA 1. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 10(1), 82–87. https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.493

Issue

Section

Artikel

Citation Check