Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solving Materi Siklus Air Kelas V Di SDN Umbul Tengah 1

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v10i2.607

Abstract

Abstract: This study aims to develop problem solving-based E-LKPD and
test the effectiveness of the product through the expert test stage and to find
out how students respond to the problem solving-based E-LKPD developed.
LKPD is a learning device which contains activities that involve students
independently and actively and has been designed according to the conditions
and situations in the surrounding environment in a programmatic manner. This
study uses the Research & Development (R&D) research method using the
ADDIE model, with several stages, namely Analysis, Design, Development,
Implementation, and Evaluation. This research was conducted at SDN Umbul
Tengah 1 with the research subject of class V students as many as 18 students
with details of students in small group trials. The instrument used is a
questionnaire sheet for validation of material experts, media experts, and
linguists, as well as student responses. The results of the research obtained are
the feasibility of problem solving-based E-LKPD based on the assessment of
material experts who get very decent criteria with a percentage of 88%, media
experts get very decent criteria with a percentage of 87%, and linguists get
very decent criteria with a percentage of 86%. Students gave a positive
response with a percentage of 99.2% and were included in the very good
category. The development of problem solving-based E-LKPD is very
feasible to use and get a positive response to be used as teaching materials.
Keywords: Problem Solving-Based E-LKPD, Science Learning, Grade V
Elementary School

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis
problem solving dan menguji keefektifan produk melalui tahap uji ahli serta
untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap E-LKPD berbasis
problem solving yang dikembangkan. LKPD adalah sebuah perangkat
pembelajaran yang di dalamnya berisikan kegiatan yang melibatkan peserta
didik secara mandiri dan aktif serta telah di rancang sesuai dengan kondisi dan
situasi di lingkungan sekitar secara terprogram. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan
model ADDIE, dengan beberapa tahapan yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SDN
Umbul Tengah 1 dengan subjek penelitian peserta didik kelas V sebanyak 18

siswa dengan perincian peserta didik pada uji coba kelompok kecil.
Instrument yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi ahli materi,
ahli media, dan ahli bahasa, serta respon peserta didik. Hasil penelitian yang
didapatkan adalah kelayakan E-LKPD berbasis problem solving berdasarkan
penilaian ahli materi mendapat kriteria sangat layak dengan persentase sebesar
88%, ahli media mendapat kriteria sangat layak dengan persentase sebesar
87%, dan ahli bahasa mendapat kriteria sangat layak dengan persentase
sebesar 86%. Peserta didik memberikan respon positif dengan persentase
sebesar 99,2% dan masuk dalam kategori sangat baik. Pengembangan ELKPD

berbasis problem solving sangat layak digunakan dan mendapatkan
respon positif untuk dijadikan sebagai bahan ajar.
Kata Kunci: E-LKPD berbasis Problem Solving, Pembelajaran IPA, Kelas V
SD

 

Author Biography

Alifa Muslimah, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Andriana, Encep. dkk. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Saintifik Kontekstual Materi Peristiwa Alam Beserta Mitigasi Bencana. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2):164.

Andriana, Encep. dkk. 2020. Pembelajaran IPA di SD Pada Masa Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta. 3(1):409.

Apriani, Eva. dkk. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan LKPD Berbasis HOTS Kelas IV SDN Tegal Dawa. PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia). 1(1):12.

Ardiana, Fitriani. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Interaksi Sosial Terhadap peningkatan Aspek Afektif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Salafiyah Bandungharjo Donorojo Jepara. (Skripsi), Kudus: Program Sarjana STAIN Kudus.

Chotimah, Chusnul. 2016. Peran Pendidik dalam Membangun Peradaban Bangsa Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1):1.

Dewi Puspita, H Eneng,dkk.2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi HOTS Pada Materi IPA. Jurnal Tekhnologi Pendidikan dan Pembelajaran. 7(1):111.

Dewi, Silvia. dkk. 2022.Pengembangan LKPD Berbasis Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Materi IPA Kelas IV. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 6(1):24.

Febriyanti, Elva. 2017. Pengembangan e-LKPD Berbasis Problem Solving Materi Kesetimbangan Kimia di SMAN 2 Kota Jambi. (Skripsi), Jambi: Program Sarjana Universitas Jambi.

Hewi, La., dan Muh, Shaleh. 2020. Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(1):31.

Irawati, Siti. dkk. 2021. Penggunaan LKPD Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V SDN Pabuaran. PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia). 1(2):111.

Lavtania, Neysia. dkk. 2021. Pengembangan LKPD Digital Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Kreativitas Mata Pelajaran Kimia Materi Pembuatan Makanan Berupa Koloid. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains.12(2):174.

Nurliawaty, Lilis. dkk. 2017. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Polya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1):72-79.

OECD, 2019. PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II, & III. PISA, OEDC Publishing.

Oktaviani, Dian. dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha. 8(3):527.

Qudri, Afdhal. dkk. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Dengan Menggunkan Media Vidio Pembelajaran. PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia).1(2):62.

Rahman Nur Imam,dkk.2020. Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 7(1):99.

Risvita, Vika., Betty, Holiwarni., dan Johni, Azmi. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Pada Mata Pelajaran Kimia SMA Pokok Bahasan Koloid. Jurnal Online Mahasiswa, 3(1): 2-7.

Sanjaya,Wina. 2018. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sungkono. 2009. Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. No.1 Universitas Negeri Yogyakarta.

Published

2022-12-19

How to Cite

Muslimah, A., Andriana, E., & Nulhakim, L. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solving Materi Siklus Air Kelas V Di SDN Umbul Tengah 1. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 10(2), 337–347. https://doi.org/10.46368/jpd.v10i2.607

Citation Check

Most read articles by the same author(s)