Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Menggunakan Media Buku Cerita di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v1i1.175Abstract
Abstract: The purpose of this study was to improve the intensive reading skills of fifth grade students of SDN 11 Tengkajau using storybook media. This study uses a classroom action research method. which is a cycle consisting of a problem-action plan-action plan-evaluation and reflection. The subjects used were 12 grade students of SDN 11 Tengkajau Pinoh Utara. The results showed that by using storybook media, the intensive reading ability of the fifth grade students of SDN 11 Tengkajau increased.
Keywords: Ability, Intensive Reading, storybook media, Indonesian language learning
Â
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas V SDN 11 Tengkajau menggunakan media buku cerita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. yang merupakan suatu siklus yang terdiri atas adanya masalah-rencana tindakan-rencana pelaksanaan tindakan-evaluasi dan Refleksi. Subyek yang digunakan adalah siswa kelas V SDN 11 Tengkajau Pinoh Utara sebanyak 12 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran menggunakan media buku cerita, kemampuan membaca intensif siswa kelas V SDN 11 Tengkajau meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan, Membaca Intensif, media buku cerita, pembelajaran Bahasa Indonesia
References
Arikunto, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudrajat,A.2012. Pengertian dan tujuan membaca online http://20211867.siap–sekolah.com/2012/04/14/pengertian-dan-tujuan-membaca-/24-12-2012.Di unduh tanggal: 26 Agustus 2019
Tampubolon,dkk. 1993. Membaca(Online)dalam http://.pengertiandefinisi.com/ pengertian membaca.htlmDi unduh tanggal: 20 Agustus 2019
Tarigan, 1979. Membaca Intensif (Online) www. Unika. ac.id 05/02/02.Di unduh tanggal: 21 Agustus 2019
Scharman, dkk. 2011.Tujuan Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.