PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG CERITA MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Epi Epi
  • Mastiah Mastiah
  • Aprima Tirsa

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v3i1.43

Abstract

Abstract: Problem in this research was the low ability of student to  understand  story. Therefore the aim of  this research was to increase grade V student ability in understanding story. This was a class action research  that through two cycles. Action that done by researcher to increase student grasp about story on student grade V in SDN 18 Tanjung Sari was the implementation role play method. In this method student is directly involve on scene of one story with intent to make  students understand the story easily. Acquired research result was before the implementation of role play method, the student learning outcome was only reached the average value 59,21%. In another hand, after the implementation of the method, the student test result increased from 4.21% with the average value 63.42% in cycle one to 15,79% with average values 79,21% in cycle two. It  concluded  that students learning outcome  increased on after the learning process in the class arranged by  utilizing  role play method.

 

Key Word: understanding, story,  role play method

 

Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa  tentang cerita. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami cerita pada siswa kelas V di SDN 18 Tanjung Sari. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melalui dua siklus. Tindakan yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang cerita pada siswa kelas V di SDN 18 Tanjung Sari ini ialah melalui penggunaan metode bermain peran. Dalam metode ini siswa dilibatkan langsung pada peristiwa dari sebuah cerita dengan tujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami cerita. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebelum dilakukan tindakan menggunakan metode bermain peran hasil tes pra siklus yang dicapai siswa masih sangat rendah dengan nilai rata-rata 59,21%. Setelah dilakukan tindakan menggunakan metode bermain peran pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 4,21% dengan nilai rata-rata siklus I 63,42%, dan pada hasil tes siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,79% dengan nilai rata-rata 79,21%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa setelah diadakan tindakan menggunakan metode bermain peran.

Kata Kunci: pemahaman, cerita, metode bermain peran

Published

2015-06-10

How to Cite

Epi, E., Mastiah, M., & Tirsa, A. (2015). PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG CERITA MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 3(1), 82–91. https://doi.org/10.46368/jpd.v3i1.43

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>