PENGARUH MODELTEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Puji Rahmawati
  • Yuli Budhiarti STKIP Melawi, Indonesia
  • Roki Roki STKIP Melawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.203

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Team Game Tournament(TGT)terhadap aktivitas belajar matematika dalam materi pecahan pada siswa kelas V SDN 12 Entikong.Metode penelitian ini adalah metode eksperimen, menggunakan model Team Game Tournament(TGT),desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Design, model Desain One-Group Pretest-Posttest Design.Hasil penelitian, dipeoleh dari rumus persentase dan uji normalitas serta uji hipotesis untuk mengetahui aktivitas belajar. Hitungan pretest pada kolom Ya 34,82% jika dijumlahkan sebesar 172. Hasil hitungan posttes kolom Tidak 65,18% jika dijumlahkan sebesar 322. Hasil hitungan pretest kolom Ya 39,88% jika dijumlahkan sebesar 197. Hasil hitungan posttest kolom Tidak 59,92% jika dijumlahkan sebesar 296. Berdasarkan hasil uji normalitas sebelum perlakuan yaitu X2hitung = 1.080,53 dan X2tabel = 37,65 lalu disimpulkan bahwa X2hitung>X2tabel. Uji normalitas sesudah perlakuan yaitu X2hitung = 920, 94 dan X2tabel = 37,65 lalu disimpulkan bahwa X2hitung>X2tabel. Kesimpulan uji normalitas yaitu data penelitia ini berdistribusi tidak normal.

References

Ali Hamzah. (2018). Evaluasi Pembelajaran Matematika. PT Raja Grafindo Persada.

Anwar Hidayat. (2013, January 24). PENJELASAN LENGKAP UJI HOMOGENITAS.

Indri Claudya. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH XI KALIMANTAN BARAT STKIP Melawi.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syofian Siregar. (2017). Metode Penelitian KUANTITATIF DILENGKAPI DENGAN PERBANDINGAN PERHITUNGAN MANUAL & SPSS. PT Fajar Interpratama Mandiri.

Published

2022-06-29

How to Cite

Rahmawati, P., Budhiarti, Y., & Roki, R. (2022). PENGARUH MODELTEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 10(1), 88–100. https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.203

Issue

Section

Artikel

Citation Check