STUDI KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MELALUI ASSESMEN PORTOFOLIO
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v2i2.25Abstract
Abstract: The purpose of this research is to know the teacher's competence in drawing up the lesson implementation plan (RPP)-based on The Curriculum of Education Unit Level through portfolio assessment. The subject of this research is the primary school teacher in Nanga Pinoh District - Melawi Regency, 20 people. The methods used in this research is descriptive method refers to the results of the question form about the competency of teachers in drafting plans for the lesson implementation plan (RPP), as well as the results of the assessment of portofolio learning implementation plan (RPP). The results of this research show that there is a difference between the competency assessment of teachers by self assessment and by other parties. On the self assessment of the competencies showed that 75% of the number of teachers have had competence with qualified both the 70 and over, while the other 25% indicates enough qualification. The assessment portofolio result shows that only 40% of the number of the teachers who already have competence with qualified both the 70 and over, while there are 60% of the number of sample teachers still at levels sufficient qualification. If both of these instruments result are combined then the qualification level of the average teacher competency at SDN Subdistrict Nanga Pinoh is sufficient. This is shown by data where only 40% of the number of teachers who scored 70 upwards while the other 60% are between 63 69 with sufficient qualifications.
Â
Keywords: teacher competency, preparation of RPP and assessment portfolio
Â
Abstrak:Â Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Subyek penelitian ini adalah para guru Sekolah Dasar Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi sebanyak 20 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif mengacu pada hasil angket tentang kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta hasil asesmen terhadap portofolio Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara penilaian kompetensi guru oleh diri sendiri dengan penilaian portofolio oleh pihak lain. Pada penilaian kompetensi diri menunjukkan bahwa 75% dari jumlah guru telah memiliki kompetensi dengan kualifikasi baik yakni 70 ke atas, sedangkan 25% lainnya menunjukkan kualifikasi cukup. Hasil penilaian asesmen portofolio menunjukkan bahwa hanya 40% dari jumlah guru sampel yang telah memiliki kompetensi dengan kualifikasi baik yakni 70 ke atas, sementara masih 60% dari jumlah guru yang dijadikan sampel masih berada pada taraf kualifikasi cukup. Apabila kedua hasil instrumen tersebut digabungkan maka rata-rata kompetensi guru SDN Kecamatan Nanga Pinoh berada pada taraf kualifikasi cukup. Hal ini ditunjukkan dengan data bahwa 40% saja dari jumlah guru yang memperoleh nilai 70 ke atas sementara 60% lainnya masih berada antara nilai 63 69 dengan kualifikasi cukup.
Â
Kata Kunci: kompetensi guru, penyusunan RPP dan asesmen portofolio