ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN NILAI KOGNITIF SISWA KELAS VI SDN BANGUNREJO LOR 4

Authors

  • Dwi Nurul Khotimah STKIP Modern Ngawi
  • Sofyan Susanto

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v9i2.375

Abstract

Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru kelas VI dan siswa kelas VI SDN Bangunrejo Lor 4. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif bersifat induktif dengan model Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi.  Hasil penelitian menemukan bahwa 1) pembelajaran daring yang dilaksanakan pada SDN Bangunrejo Lor 4 belum berjalan secara efektif disebabkan kendala teknis seperti sinyal yang kurang baik, siswa kurang aktif dalam pembelajaran serta dukungan orang tua yang masih rendah; 2) Pembelajaran luring lebih efektif dibandingkan pembelajaran daring. Melalui pembelajaran luring, siswa lebih aktif dan bersemangat dalam pembelajaran karena dapat melakukan Tanya jawab secara langsung dengan guru. Sementara pada pembelajaran daring terdapat beberapa kendala yang mengganggu proses pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dan bersemangat dalam belajar; 3) Nilai kognitif pembelajaran siswa dengan menggunakan metode pembelajaran daring pada siswa SDN Bangunrejo Lor 4 cenderung mengalami penurunan dibandingkan pada waktu pembelajaran luring. Beberapa kendala saat pembelajaran daring, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring dari awal hingga akhir, serta tingkat kerajinan siswa dalam belajar menjadi faktor yang mempengaruhi nilai kognitif siswa ketika melaksanakan pembelajaran daring; 4) Respon siswa dalam mengikuti pembelajaran daring pada dasarnya positif, namun tidak semua siswa yang aktif dalam pembelajaran daring tersebut. Siswa yang pasif akan kesulitan menemukan jawaban atas tugas yang diberikan oleh guru.

References

Andayani, S. dan Widjaja, H. (2016). “Analisis Manfaat Pembelajaran Digital Bagi Mahasiswaâ€. Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya, Palembang, 8 Oktober 2016

Anugraha, A. (2020). “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasarâ€. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 10 No. 3, September 2020

Dewi, W.A.F. (2020). “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasarâ€. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1, April 2020

Muntinah, D. (2015). “Penerapan Metode E-Learning Dan Layanan Sirkulasi Sebagai Model Pembangunan Digital Libraryâ€. Libraria: Jurnal Perpustakaan. Vol. 3 No. 1, Juli 2015

Nurbudiyani, I. (2013). “Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkarayaâ€. Anterior Jurnal, Volume 13 Nomor 1, Desember 2013

Saputri, D.K. (2019). “Masalah Psikologis dan Terapinya dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liyeâ€. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Vol. 2, No. 2, Agustus 2019

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-26. Bandung: Alfabeta

Susanto, S. (2020). “Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19â€. Jurnal Pendidikan Modern. Volume 06 Nomor 01 Tahun 2020

Published

2021-12-16

How to Cite

Nurul Khotimah, D., & Susanto, S. (2021). ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN NILAI KOGNITIF SISWA KELAS VI SDN BANGUNREJO LOR 4. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 9(2), 195–204. https://doi.org/10.46368/jpd.v9i2.375

Citation Check