PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIKLUS AIR TIGA DIMENSI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nafisha Khoiriyatussoliha Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Sutrisno Sutrisno
  • Prayuningtyas Angger Wardhani

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.409

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan media pembelajaran siklus air tiga dimensi yang digunakan untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar pada pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan wawancara serta kuesioner. Penelitian pengembangan ini memelibatkan beberapa responden yaitu dosen ahli media, dosen ahli materi, dosen ahli bahasa, serta peserta kelas V sekolah dasar. Hasil penelitia  dilihat berdasarkan nilai rata-rata dari uji validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa yang memperoleh presentase 90,2% dengan kategori sangat baik, serta uji coba peserta didik memperoleh presentase 95% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, maka media pembelajaran siklus air tiga dimensi termasuk ke dalam kategori sangat baik, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA materi kelas V sekolah dasar.

Published

2022-06-27

How to Cite

Khoiriyatussoliha, N., Sutrisno, S., & Wardhani, P. A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIKLUS AIR TIGA DIMENSI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 10(1), 17–32. https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.409

Issue

Section

Artikel

Citation Check