PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Chairunnisa Chairunnisa Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Iva Sarifah Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Sutrisno Sutrisno Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.885

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality berbasis android pada pembelajaran IPA kelas V SD materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Kegiatan penelitian dilakukan di SDN Menteng Atas 14, Jakarta. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembanga ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara  dan kuesioner  dan data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman.  Responden yang terlibat pada penelitian dan pengembangan ini adalah  ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan peserta didik kelas V SDN Menteng Atas 14. Hasil validasi ahli yang dilakukan kepada tiga orang ahli memperoleh nilai rata-rata  94,67% yang  menunjukkan media termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil dari uji coba tahap One to One sebesar 93%, tahap Small Group sebesar 91,6%, dan tahap Field Test sebesar 90%. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan media media pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality berbasis android merupakan produk yang sangat layak untuk digunakan oleh peserta didik kelas V SD sebagai media pembelajaran IPA.

References

Aprilianti, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Powtoon Pada Materi Trigonometri Siswa SMK PAB Helvetia T.P 2019/2020. Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Ariso, J. M. (2017). Augmented Reality :Reflections on Its Contribution to Knowledge Formation (Berlin Studies in Knowledge Research). Germany: De Gruyter.

Biro, A. M. (2021, Agustus 13). Jenis-jenis Teknik Pengumpulan Data. Retrieved from Biro Administrasi Mutu AKademik dan Informasi: Jenis-jenis Teknik Pengumpulan Data - Biro Administrasi Mutu Akademik dan Informasi (uma.ac.id)

Borg, W. R. (1983). Educational Research an Introduction. New York: DAVID McKAY COMPANY.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. New York: Springer.

BSNP. (2020). Fokus Pembelajaran SD/MI - SMP/MTs - SMA/MA . Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Castellanos, A. a. (2017). Augmented Reality :Reflections on Its Contribution to Knowledge Formation (Berlin Studies in Knowledge Research). Germany: De Gruyter.

Ein, A. R. (2021). Perancangan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Tata Surya di Masa Pandemi. Jurnal Barik, 205.

Gay, L. R. (2012). Educational Research Competencies for Analysis and Applications. America: Pearson Education, Inc.

Istianah, E. d. (2019). Analisis Faktor Keberhasilan Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Journal of Primary and Childern's, 49.

Jannah, R. (2020). , Pengaruh Pemanfaatan Media Augmented Reality Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Tematik Siswa kelas IV Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Di SDN 07 Kota Bengkulu. Bengkulu: Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama.

Khotimah, K. d. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Jurnal Seminar Nasional Multidisiplin.

King'aru, J. M. (2014). Factors Contributing To Poor Performance Of Science Subjects: A Case Of Secondary Schools In Kawe Division, Kinondoni Municipality. Tanzania: University of Tanzania.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA SD. Malang: Ediide Infografika.

Lamanauskas, V. (2003). Natural Science Education In Contemporary School . Siauliai: Siauliai University Press.

Lentera, K. (2019, Maret 11). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD). Retrieved Juni 21, 2021, from Lentera Kecil: https://lenterakecil.com/pembelajaran-ipa-di-sekolah-dasar-sd/

Levie, W. H. (1982). Effects of Text Illustrations: A Review of Research, Educational Communication and Technology. A Journal of Theory, Research, and Development, 219-220.

Manalu, R. d. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 10.

Marpanaji, E. d. (2018). Survey on How to Select and Develop Learning Media. Journal of Physics, 3.

Meier, R. (2012). Profesional Android 4 Application Development . Indianapolis: John Wiley & Sons,inc.

Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik . Bandar Lampung: Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung.

Miles, M. B. (1994). An Expanded Sourcebook Qualitative Data Analysis. California: Sage.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 182.

O'Hern, D. M. (2014). Natural Science Education, Indigenous Knowledge, and Sustainable Development in Rural and Urban Schools in Kenya. Rotterdam: Sense Publisher.

Pamoedji, A. K. (2017). Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Paris, J. d. (2019). Child Growth and Development. California: Collage of The Canyons.

PG, D. (2020, Januari 29). Mengenal Model Pembelajaran Discovery Learning. Retrieved Juni 20, 2021, from Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar: https://gtkdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/mengenal-model-pembelajaran-discovery-learning

Pramudyani, A. V. (2018). Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Suryacahya.

Pranoto, H. (2019, Juni 12). Augmented Reality dalam Kehidupan Sehari-hari. Retrieved Juni 2021, 12, from School of Computer Science Binus University: https://socs.binus.ac.id/2019/12/03/augmented-reality-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Primadini, F. d. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Keterampilan Proses IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Visipena, 292.

Pustpitarini, Y. D. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 58.

Putra. (2019, Oktober 23). PENGERTAIN ADNROID : Sejarah, Kelebihan & Versi Sistem Operasi Android OS. Retrieved Juli 20, 2021, from Salamadian Muda & Berilmu: https://salamadian.com/pengertian-android/

Safira, C. A. (2020). , Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan MIPA, 391.

Samsu. (2017). Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi Penelituan Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Method, serta Research & Development) . Jambi: Pusakajambi.

Sapriati, A. d. (2014). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sari, E. d. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pembelajaran Tematik. Jurnal Imliah Sekolah Dasar, 155.

Setiawan, H. R. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Kumparan Fisika, 112.

Setyawan, B. d. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran . Yogyakarta: Pedagogia.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA Yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary Islamic Teacher Journal, 47.

Suparman, U. (2021). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik. Bandarlampung: Pusaka Media.

Supartini, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kabupaten Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS , 287.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Kondep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Taufiq, A. d. (2016). Pendidikan Anak di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Warsita, B. (2013). Evaluasi Media Pembelajaran Sebagai Pengendalian Kualitas. Jurnal Teknodik, 441.

Yudhanto, Y. d. (2017). Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Published

2023-12-29

How to Cite

Chairunnisa, C., Sarifah, I., & Sutrisno, S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 11(2), 281–297. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.885

Citation Check

Most read articles by the same author(s)