MENUMBUHKAN KEBERANIA DAN RASA INGIN TAHU PELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI KEGIATAN OLAHRAGA REKREASI BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NANGA SAYAN
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i2.2552Abstract
Keywords: High Jump, Courage, curiosity
Â
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keberanian dan rasa ingin tau lompat tinggi siswa.sedangkan variable tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui olahraga rekreasi berbasis budaya lokal. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun jumlah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nanga Sayan 26 siswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan keberanian dan rasa ingin tau siswa dalam mengikuti kegiatan pelajaran lompat tinggi dengan berbasis budaya lokal. Peningkatan keberanian dan rasa ingin tau lompat tinggi siswa dapat terlihat dari hal-hal sebagai berikut: (1) Dilihat dari hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata 69.23 dan siklus II jumlah 2437.5 dengan nilai rata-rata 93.75. Terdapat peningkatan pada siswa dalam melakukan lompat tinngi dengan metode olahraga rekreasi berbasis budaya lokal. (2) Minat siswa dalam proses pembelajaran semakin meningkat, karena dari tiap siklus  menunjukan adanya peningkatan keberanian dan rasa ingin tau dalam melakukan lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nanga Sayan.
Kata Kunci: Lompat tinggi, keberanian, rasa ingin tahuReferences
DAFTAR PUSTAKA
Bompa, Tudor O. & G. Gregory Haff. 2009. Periodizaion Theory and Methodology of Training. Australia: Human Kinetis
Ismaryati (2008) Tes dan Pengukuran Olahraga. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.
Hikmawati. (2017) Metodologi Penelitian. Depok: Rajagrafindo persada
Tim Pelatih Proyek PGSM. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.