MENUMBUHKAN KEBERANIA DAN RASA INGIN TAHU PELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI KEGIATAN OLAHRAGA REKREASI BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NANGA SAYAN

Authors

  • Nur Sulistyo Mutaqin
  • Kurnia Dyah Anggorowati
  • Sartono Sartono

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i2.2552

Abstract

Abstract: The aim in this research is to know increase the courage and curiosity the students high jump. Variable measures used in this study is based recreational sports through the local culture This research is a form of action research using the model cycle . Each cycle consists of four stages, there are planning, implementation, observation and reflection. As for the number of class VII students of SMP Negeri 1 Nanga Sayan 26 students. Based on the research it can be concluded that, there is an increase in courage and Rassa curious students in participating high jump lessons with activities based on local culture. Increasing the courage and curiosity to know the high jump students can be seen from the following: (1) The result of this research at the first and second cycle there is an increase in students in making the high jump with culture-based methods local recreation 69.23 and average value cycle 93.75. (2) Student interest in the learning process is increasing, because of each cycle showed an increase of courage and curiosity to know in doing high jump style straddle on class VII SMP 1 Nanga Sayan. 

Keywords: High Jump, Courage, curiosity

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keberanian dan rasa ingin tau lompat tinggi siswa.sedangkan variable tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui olahraga rekreasi berbasis budaya lokal. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun jumlah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nanga Sayan 26 siswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan keberanian dan rasa ingin tau siswa dalam mengikuti kegiatan pelajaran lompat tinggi dengan berbasis budaya lokal. Peningkatan keberanian dan rasa ingin tau lompat tinggi siswa dapat terlihat dari hal-hal sebagai berikut: (1) Dilihat dari hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata 69.23 dan siklus II jumlah 2437.5 dengan nilai rata-rata 93.75. Terdapat peningkatan pada siswa dalam melakukan lompat tinngi dengan metode olahraga rekreasi berbasis budaya lokal. (2) Minat siswa dalam proses pembelajaran semakin meningkat, karena dari tiap siklus   menunjukan adanya peningkatan keberanian dan rasa ingin tau dalam melakukan lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nanga Sayan.

Kata Kunci: Lompat tinggi, keberanian, rasa ingin tahu

References

DAFTAR PUSTAKA

Bompa, Tudor O. & G. Gregory Haff. 2009. Periodizaion Theory and Methodology of Training. Australia: Human Kinetis

Ismaryati (2008) Tes dan Pengukuran Olahraga. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Hikmawati. (2017) Metodologi Penelitian. Depok: Rajagrafindo persada

Tim Pelatih Proyek PGSM. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Mutaqin, N. S., Anggorowati, K. D., & Sartono, S. (2024). MENUMBUHKAN KEBERANIA DAN RASA INGIN TAHU PELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI KEGIATAN OLAHRAGA REKREASI BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NANGA SAYAN. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 11(2), 256–261. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i2.2552

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>