PENERAPAN METODE KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 MADONG KERANJIK
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v8i1.319Abstract
Absract: The purpose of this research is to improve the Learning Outcomes of Volleyball Undergraduate Passing in Class V SD Negeri 4 Madong Keranjik, Tanah Pinoh District, Melawi Regency. The research method used is the classroom action research method (PTK) using 2 cycles, planning, acting, observing and reflecting. With the research subjects of grade V students and the research object of Passing Under Volleyball. The results of the research in the first cycle with a recapitulation value of 1289, an average of 64.4 and those who obtained a Completion score of 40%. Cycle II with a total value of 1587, an average of 79.3 and those who obtained a Completion value of 100%, there was an increase in the total value of 314, an average of 15.7 with a percentage of 60%.
Keywords: Passing under volleyball, Learning Outcomes, Cooperative method
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Madong Keranjik Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dengan subjek penelitian siswa kelas V dan objek penelitian passing bawah bola voli. Hasil penelitian pada siklus I dengan nilai Rekapitulasi jumlah 1289, rata-rata 64,4 dan yang memperoleh nilai siswa yang Tuntas sebanyak 40%. Siklus II dengan jumlah nilai 1587, rata-rata 79,3 dan yang memperoleh nilai Tuntas sebanyak 100%, maka terjadi peningkatan dengan jumlah nilai 314, rata-rata 15,7 dengan persentase sebanyak 60%.
Kata kunci: Passing bawah bola voli, Hasil belajar, Metode kooperatif
References
Absract: The purpose of this research is to improve the Learning Outcomes of Volleyball Undergraduate Passing in Class V SD Negeri 4 Madong Keranjik, Tanah Pinoh District, Melawi Regency. The research method used is the classroom action research method (PTK) using 2 cycles, planning, acting, observing and reflecting. With the research subjects of grade V students and the research object of Passing Under Volleyball. The results of the research in the first cycle with a recapitulation value of 1289, an average of 64.4 and those who obtained a Completion score of 40%. Cycle II with a total value of 1587, an average of 79.3 and those who obtained a Completion value of 100%, there was an increase in the total value of 314, an average of 15.7 with a percentage of 60%.
Keywords: Passing under volleyball, Learning Outcomes, Cooperative method
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Madong Keranjik Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dengan subjek penelitian siswa kelas V dan objek penelitian passing bawah bola voli. Hasil penelitian pada siklus I dengan nilai Rekapitulasi jumlah 1289, rata-rata 64,4 dan yang memperoleh nilai siswa yang Tuntas sebanyak 40%. Siklus II dengan jumlah nilai 1587, rata-rata 79,3 dan yang memperoleh nilai Tuntas sebanyak 100%, maka terjadi peningkatan dengan jumlah nilai 314, rata-rata 15,7 dengan persentase sebanyak 60%.
Kata kunci: Passing bawah bola voli, Hasil belajar, Metode kooperatif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.