UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BEROLAHRAGA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PUNEK PUKAK PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 BELIMBING HULU
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v2i1.67Abstract
ABSTRAK: Tujuan penelitian  adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat aktivitas olahraga siswa yang diajarkan dengan metode permainan tradisional punek pukak pelajaran olahraga serta seberapa besar kejujuran dan kerjasama siswa yang diajarkan dengan metode permainan tradisional punek pukak dalam pelajaran olahraga. Metode yang digunakan dalam meningkatkan aktivitas olahraga adalah dengan menggunakan metode permainan tradisional punek pukak yaitu melalui dua siklus yang terdiri dari siklus pertama (permainan punek pukak dengan cara lari bolak balik) dan siklus yang kedua (permainan punek pukak dengan cara lari ular atau bergandengan).
Hasil penelitian yaitu Aktivitas olahraga siswa perindividu dalam proses pembelajaran olahraga belum memuaskan dengan jumlah skor 200 dengan nilai rata-rata 13,33% dan jumlah persentase 40% dan aktivitas olahraga siswa perkelompok dalam proses pembelajaran olahraga semakin meningkat dan dinyatakan berhasil dengan hasil jumlah skor dengan nilai rata-rata17,40% dan jumlah persentase 100% sehingga dengan metode permainan tradisional punek pukak dapat meningkatkan aktivitas olahraga siswa pada pembelajaran olahraga pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Belimbing Hulu.
Kata Kunci : aktivitas, olahraga, dan permainan tradisional punek pukak
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.