UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BERKREASI MELALUI PEMBELAJARAN OLAHRAGA FUTSAL PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 NANGA PINOH
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v2i1.71Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk menumbuhkan motivasi
berkreasi pada siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan
kesehatan melalui olahraga futsal. Metode penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus penelitian,
setiap siklus penelitian dilakukan beberapa prosedur penelitian yang
terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek
penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas
VIII A SMP Negeri 2 Nanga Pinoh. Hasil Penelitian yang diperoleh dari
penelitian ini, terjadi peningkatan motivasi berkreasi siswa yang
diperoleh dari hasil observasi pada aspek motivasi siswa dengan kriteria
peningkatan nilai rata-rata siswa pada setiap siklus, yaitu: Pra-siklus =
37.75, siklus I= 64.57 dan siklus II= 87,86. serta tingkat ketuntasan
belajar keseluruhan siswa pada pra-siklus= 3.57%. siklus I= 42.86% dan
siklus II= 85.71%. Kesimpulannya bahwa terjadi peningkatan motivasi
berkreasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan
melalui pembelajaran olahraga futsal.
Kata Kunci: Menumbuhkan, Motivasi Berkreasi, Pembelajaran, Futsal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.