PENERAPAN PEMBELAJARAN LEMPAR CAKRAM GAYA MENYAMPING MENGGUNAKAN METODE SITEKTIF DALAM RANGKA MENUMBUHKAN MINAT DAN KREATIVITAS GERAK SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 NANGA PINOH

Authors

  • Yeni Andriyani
  • Mohammad Rif'at
  • Wakidi Wakidi

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v2i1.69

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini menumbuhkan minat dan kreativitas gerak siswa kelas XI Akuntansi 1 melalui penerapan pembelajaran lempar cakram gaya menyamping menggunakan metode Sitektif. Metode yang digunakan ialah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian kriteria 74.08% dan 94%, pada aspek psikomotorik siswa yang mencakup cara memegang cakram, awalan, ayunan dan akhiran dalam proses pembelajaran atletik lempar cakram gaya menyamping dengan kriteria 71.32% dan 87.86% dengan peningkatan 35.29%, sehingga disimpulkan bahwa : (1) terdapat peningkatan pada minat dan kreativitas gerak siswa setelah diadakan tindakan dengan menggunakan media piring plastik dan menerapkan metode Simulasi, Praktek dan Aktif (SITEKTIF), (2) terdapat peningkatan pada kemampuan psikomotorik siswa setelah diadakan tindakan dengan metode Simulasi, Praktek dan Aktif (SITEKTIF).

Kata Kunci: Lempar Cakram, Sitektif, Minat dan Kreativitas.

Published

2015-01-19

How to Cite

Andriyani, Y., Rif'at, M., & Wakidi, W. (2015). PENERAPAN PEMBELAJARAN LEMPAR CAKRAM GAYA MENYAMPING MENGGUNAKAN METODE SITEKTIF DALAM RANGKA MENUMBUHKAN MINAT DAN KREATIVITAS GERAK SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 NANGA PINOH. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 2(1), 47–56. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v2i1.69

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>