UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK DASAR PASSING PADA FUTSAL DENGAN METODE PERMAINAN TRADISIONAL KUCING BOLA UNTUK SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH NANGA PINOH
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v1i1.54Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan teknik dasar passing pada
futsal malalui latihan permainan tradisional kucing bola di SMA Muhammadiyah Nanga Pinoh
khususnya siswa kelas XI IPS. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Adapun jumlah siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Nanga Pinoh yaitu
24 Siswa. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan teknik dasar passing
pada siswa kelas XI IPS setelah diberi latihan permainan tradisional kucing bola. Pada siklus I
dengan menggunakan latihan 1 orang yang menjadi kucing bola diperoleh nilai rata-rata 67.75%
dan setelah menggunakan latihan dengan 2 orang menjadi kucing bola kemampuan siswa
meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 77.20%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi dengan menggunakan permainan tradisional kucing
bola pada pembelajaran permainan futsal dapat meningkat untuk siswa kelas XI IPS SMA
Muhammadiyah Nanga Pinoh tahun ajaran 2013.
Kata Kunci: Teknik Dasar Passing, Futsal, Permainan Tradisional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.