UPAYA MENINGKATKAN MINAT MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASKES DENGAN METODE BERMAIN (STUDI KASUS KELAS V MIS AL MA’ARIF 02 TANJUNG SARI KECAMATAN NANGA PINOH)

Authors

  • Halidin Halidin
  • Andi Usman
  • Wakidi Wakidi

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v1i1.48

Abstract

Abstrak: Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah meningkatkan
minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran penjaskes, sedangkan variabel tindakan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah melalui metode bermain dan subjek penelitian adalah siswa
kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’arif 02 Tanjung Sari yang terdiri dari 13 siswa dengan
komposisi perempuan 7 orang dan laki-laki 6 orang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada
peningkatan minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran penjaskes setelah diadakan
tindakan melalui metode bermain.
Kata Kunci: Minat, Pembelajaran Penjaskes, Metode Bermain.

Published

2017-07-19

How to Cite

Halidin, H., Usman, A., & Wakidi, W. (2017). UPAYA MENINGKATKAN MINAT MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASKES DENGAN METODE BERMAIN (STUDI KASUS KELAS V MIS AL MA’ARIF 02 TANJUNG SARI KECAMATAN NANGA PINOH). Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 1(1), 28–32. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v1i1.48

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)