UPAYA MENINGKATKAN MINAT MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASKES DENGAN METODE BERMAIN (STUDI KASUS KELAS V MIS AL MA’ARIF 02 TANJUNG SARI KECAMATAN NANGA PINOH)
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v1i1.48Abstract
Abstrak: Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah meningkatkan
minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran penjaskes, sedangkan variabel tindakan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah melalui metode bermain dan subjek penelitian adalah siswa
kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’arif 02 Tanjung Sari yang terdiri dari 13 siswa dengan
komposisi perempuan 7 orang dan laki-laki 6 orang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada
peningkatan minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran penjaskes setelah diadakan
tindakan melalui metode bermain.
Kata Kunci: Minat, Pembelajaran Penjaskes, Metode Bermain.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.